Breaking News

Mulai Tahun 2017 BLKM Dihapus

Fahmi Idham Idris. Foto Ori Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Mulai Januari 2017 Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BLKM) akan dihapus. Hal itu setelah keluarnya nomenklatur baru Tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beberapa waktu lalu.

Kepala UPT. Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BLKM) Dinas Kesehatan  Provinsi NTB Kabupaten Sumbawa, Fahmi Idham Idris, SKM mengatakan, dengan adanya regulasi baru itu, maka secara otomatis BLKM tidak lagi akan melayani kegiatan analisa penyakit masyarakat melalui laboratorium yang ada. Baik pemeriksaan hematologi, kimia farma, mikrobiologi, imunologi, toksinologi tidak lagi difungsikan.

Kendati demikian, kata Fahmi, fungsi laboratorium yang ada akan tetap difungsikan untuk memberikan pelayanan tertentu kepada masyarakat. “Secara manajemennya belum terarah dan masih menungu keputusan dari pihak DPRD dalam waktu dekat. Akan digabung denga bidang apa nanti? Sampai saat ini belum ada keputusan,” katanya.

Dikatakan Fahmi, selama ini keberadaan BLKM di Kabupaten Sumbawa hadir dalam melayani kebutuhan masyarakat, sehingga UPT setempat tidak bisa langsung menolak kebutuhan masyarakat. Bahkan beberapa tahun terakhir, layanan kepada masyarakat meningkat. 

Pada tahun 2015 pemeriksaan dengan parameter uji lab meningkat 68 persen sebanyak 12.198 sampel dibandingkan tahun 2014 hanya 7.263 sampel, sedangkan pada periode berjalan tahun 2016 diperkirakan meningkat 10 persen.

Menurutnya, mayoritas masyarakat Kabupaten Sumbawa cenderung memilih pemeriksaan penyakit ke laboratorium BLKM UPT Dinas Kesehatan Provinsi NTB karena biayanya lebih murah dibandingkan laboratorium lain.

“Harapan kita pemerintah bisa mengkaji ulang terkait kebijakan penghapusan. Karena masih banyak masyarkaat yang membutuhkan. Dari segi ekonomi tarif BLKM masih terjangkau sehingga tujuan pemerintah mewujudkan masyarakat adil dan makmur dapat tercapai,” katanya. (SK)

No comments