Breaking News

Sekda Sumbawa Dikukuhkan, 805 Pejabat Dilantik

Prosesi Pengukuhan Sekda Sumbawa dan Pelantikan 805 Pejabat. Foto Ori Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Bupati Sumbwa, HM Husni Djibril BSc mengukuhkan Drs H Rasyidi sebagai Sekretaris Daerah Sumbawa. 805 pejabat lainnya dikukuhkan dalam proses mutasi di halaman kantor Bupati Sumbawa, Rabu (28/12/2016).

Selain digeser, sebagian pejabat dikukuhkan menyusul penerapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Pelantikan sesuai SK Bupati Sumbawa Nomor 1225. Selain pejabat  eselon II/a yakni pengukuhan Drs H Rasyidi sebagai Sekda Sumbawa, SK Bupati Sumbawa Nomor 1226  juga menetapkan mutasi 31 pejabat eselon II/b, 62 pejabat eselon III/a, 104 pejabat eselon III/b, 510 pejabat eselon IV/a, dan 97 pejabat eselon IV/b.

Bupati Sumbawa HM Husni Djibril BSc  mengaku,  sebelum  mutasi ini ada yang menyarankan untuk melantik pejabat struktural setingkat Kepala Perangkat Daerah dan Camat, sedangkan pejabat struktural lainnya dilakukan oleh Kepala Perangkat Daerah di kantor masing-masing.

Bupati Husni tetap pada pendirian  melaksanakan mutasi secara tersentralisasi.

“Sebagai Bupati, saya ingin memanfaatkan kesempatan langka ini untuk  berbicara di hadapan seluruh pejabat struktural lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Perlu diketahui, momentum ini tidak hanya saya maknai sebagai acara seremonial belaka, tetap juga sebagai wahana konsolidasi guna menghadapi tahun anggaran 2017 yang akan kita jelang beberapa hari lagi,” katanya. 

Diungkapkannya,  banyak tahapan yang telah dilakukan sebelum mutasi  digelar. Sekda bersama Tim Baperjakat telah bekerja untuk menghasilkan formasi yang ideal. Sementara ia bersama Wabup Drs H Mahmud Abdullah juga melakukan konsultasi hingga menjelang pelaksanaan mutasi.

Mutasi dilakukan untuk mendapatkan pejabat yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan pada suatu jabatan.

“Kami juga telah menggariskan suatu kebijakan bahwa dalam menjalankankan mutasi tidak ada Aparatur Sipil Negara yang dirugikan, oleh karena itu secara tegas kami menghindari adanya demosi apalagi adanya pegawai yang nonjob,” katanya.

Menurut Husni, sekeras apapun usaha yang telah dilakukan, pemerintah menyadari bahwa mutasi tidak akan bisa menyenangkan semua pihak. “Untuk  itu,  hari ini saya
menyampaikan permohonan maaf yang tulus kepada pihak-pihak yang mungkin dirugikan dengan adanya mutasi ini,” katanya.

Dijelaskannya, proses mutasi dilaksanakan untuk kepentingan perbaikan kinerja organisasi bukan untuk merugikan pihak tertentu. Selain itu, Ikhtiar untuk menghasilkan outcome organisasi yang lebih baik.

“Akan terus dilakukan dengan melakukan evaluasi kinerja seluruh pejabat secara periodik,” isyaratnya.

Selain Wakil Bupati Sumbawa, prosesi mutasi juga dihadiri Ketua PKK Kabupaten Sumbawa, Ketua GOW Kabupaten Sumbawa, Forkopimda, Komisioner KPU Sumbawa, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan lain. (SK/*)

No comments