Breaking News

SKPD Diminta Rasional Tetapkan Target PAD

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bima, Ir Suryadin. Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bima, Ir Suryadin meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar rasional dalam mengajukan dan menetapkan target pendapatan asli daerah (PAD). Jangan hanya mengejar alokasi anggaran yang lebih banyak.

“Untuk tentukan PAD itu harus lihat potensi. Jangan sampai nanti jadi PAD fiktif. Kita (SKPD) harus melihat potensi itu,” katanya kepada wartawan di kantor Pemkab Bima, Kamis (15/12/2016) siang.

Diakui politisi partai Golkar ini, sesuai konstruksi APBD, belanja daerah termasuk SKPD menganut sistem belanja  berimbang. Ketika PAD sedikit, maka sebagian belanja akan dipangkas. Hal itu kemungkinan mendorong SKPD mengajukan target PAD yang tidak rasional.

Hal itu membuat masalah. Kini sebagian SKPD tidak mampu meraih target PAD. Bahkan ironisnya di bawah 50 persen yang sudah ditetapkan. Soal angka itu, Suryadin menyarankan kepada kepala daerah agar memberikan penghargaaan kepada satuan kerja yang mampu meraih target, sebaliknya menghukum SKPD yang tidak mampu meraih target.

“Target itu harus dievaluasi. Saya lebih setuju agar yang mencapai target diberikan reward dan yang nggak sampai target apalagi nggak sampai 50 persen itu diberikan punishment,” katanya. (US)

No comments