Breaking News

Tak Hanya Fokus Kejar Lomba, Pengelolaan Perpustakaan SDN 40 Digenjot

Aktivitas Membaca di SDN 40 Kota Bima. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 40 Kota Bima tak hanya digenjot ketika menjelang lomba. Namun dilakukan sejak lama. Sekolah setempat mengarahkan perpustakaan berbasis IT untuk mendorong budaya literasi.

Kepala SDN 40 Kota Bima, Hj. Maryamah A.Gani mengatakan, pengelolaan perpustakaan yang berkualitas merupakan salahsatu fokus sekolah setempat. Tidak hanya dari fasilitas pendukung namun, sumber daya pengelola.

“Upaya meningkatkan pengelolaan bukan saja kita lakukan ketika ada lomba. Tapi dillakukan sebelum itu dan pada hari biasa,” katanya di SDN 40 Kota Bima, Kamis (1/12/2016).

Mantan Kepala SDN 11 Kota Bima yang berhasil membawa Kota Bima menjadi juara sekolah sehat tingkat nasional ini mengaku, sejak diangkat menjadi Kepala SDN 40 Kota Bima langsung menggenjot pengelolaan perpustakaan sekolah. Setiap hari siswa digilir untuk membaca di perpustakaan.

“Alhamdulillah penataan perpusatakaan sudah bagus. Katalog dan struktur maupun penunjang lainnya. Setiap hari siswa membaca di perpustakaan demikian juga gurunya. Kita selalu mendorong budaya literasi,” katanya.

Dikatakannya, setiap siswa SDN 40 Kota Bima tidak hanya diarahkan aktif membaca di perpustakaan sekolah. Namun diberikan tugas penunjang untuk mencari informasi lain, kemudian merangkumnya. Setelah itu, siswa diarahkan untuk praktik membuat sesuatu berdasarkan rujukan pada bahan bacaan.

“Kalau kemarin itu literasi, selesai membaca kemudian menulis.. tapi sekarang ada plusnya. Anak-anak disuruh mencari infomasi dan hasil yang mereka tulis itu dipraktikkan berupa keterampilan. Misalnya menanam cabai hingga besar,” katanya.

Kepala Perpustakaan  SDN 40 Kota Bima, Siti Hawa Nurdin, S.Pd, mengatakan, kegiatan literasi yang dituangkan dalam bentuk membaca, menulis dan praktik merangsang semangat siswa untuk membaca dan melakukan praktik. “Daya belajar siswa juga lebih baik dilihat dari hobi membaca. Ini terus kita dorong dan alhamdulillah setiap hari digilir semua kelas membaca di perpusatakaan,” ujarnya.

Saat ini perpustakaan SDN 40 Kota Bima memiliki koleksi literatur lebih dari 200 judul buku. Tidak hanya referensi atau buku pelajaran, tapi didominasi buku cerita, pengembangan diri dan keterampilan.

“Siswa kami senang karena setelah membaca mereka harus meringkas apa yang dibaca kemudian mempaktikan. Misalnya cara bertanam sayur, cabe ataupun tekni ternak. Kebetulan di depan perpustakaan disiapkan taman hasil yang ditanam oleh siswa,” katanya.


Diungkapkan Siti Hawa, sejak lama Perpustakaan SDN 40 bekerjasama dengan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima mendorong budaya literasi. Khususnya hobi membaca. (US/*)





No comments