Breaking News

90 Persen Siswa di Kota Bima masuk Sekolah

Alwi Yasin. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Meskipun sebagian warga masih trauma terhadap luapan banjir dan sejumlah bencana alam lain, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima memastikan 90 persen siswa di Kota Bima sudah aktif masuk sekolah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Yasin, M.Ap. Menurutnya, seluruh sekolah sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Itu menjadi indikator bagi pemerintah bahwa sudah tak ada kendala yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan KBM.


Baca Juga: 


“Kecuali Kemenag, kalau sekolah lingkungan kami (Dinas Dikpora) sudah jalan karena indikatornya jalan itu KBM jalan. Sedangkan pembenahan lingkungan itu bertahap karena tidak mungkin kita dari buruk langsung baik,” katanya kepada Berita11.com di Dinas Dikpora Kota Bima.

Dikatakannya, untuk proses rekonstruksi sekolah pasca banjir bandang, Dinas Dikpora menunggu aba-aba dari pemerintah pusat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Pengadaan kembali barang rusak (sekolah) itu menjadi tanggungjawab pemerintah. Itu janji Kemendibud,” katanya.

Menurut Alwi, sebagian kecil siswa memilih belum masuk sekolah karena sikap orangtua yang merasa tidak mendapat pembagian buku dan seragam sekolah. Padahal aktif atau tidaknya siswa masuk sekolah bergantung motivasi orangtua.

“Jangan terbawa traumatik yang berkenjangan. Sudah 90 siswa masuk, tanggungjawab pendidikan bukan saja pemerintah, tapi orang tua juga. Banyak juga anak-anak yang tidur di atas plafon datang dan masuk sekolah,” katanya. (US) 

No comments