Breaking News

Edan! Obat Batuk Digunakan untuk Mabuk

Ilustrasi Mabuk. Ist


Sumbawa, Berita11.com— Obat sejatinya digunakan untuk menyebuhkan penyakit. Namun tidak demikian yang dilakukan sebagian warga di Kabupaten Sumbawa. Obat batuk merek KMX justru digunakan untuk mabuk.

Warga Labuan Bada Kabupaten Sumbawa, Cun mengatakan, penyalahgunaan obat batuk untuk mabuk sudah berlangsung sejak tahun 2016 lalu. Biasanya obat batuk itu dicampur dengan teh, dan minuman penambah stamina EJ dan KB.

Dikatakannya, obat batuk KMX dicampur dengan sejumlah minuman penambah stamina dan teh. “Reaksi orang yang meminum tersebut langsung terasa merasa pusing seperti orang meminum alhokol dan merasakan halusinasi yang sangat tinggi. Sedangkan dampak negative bagi orang yang menyalagunakan obat batuk itu merasakan depresi panjang,” katanya di Sumbawa Besar, Selasa (17/1/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Nazirudin M.Si membenarkan hingga saat ini obat batuk disalahgunakan kalangan pemuda dan pelajar di Sumbawa. Bahkan sejak munculnya penyalagunaan obat itu penjualan produk itu di supermarket dan apotik yang ada di Kabupaten Sumbawa laris.

“Bahkan biasanya orang hanya membeli satu sampai dua bungkus saja, tapi semenjak adanya penyalagunaan pemuda dan pelajar malah membelinya langsung satu kotak,” katanya.

Menurut Nazirudin, penyalahgunaan obat batuk mengacam masa depan generasi di Kabupaten Sumbawa. Selama ini Dikes dan Balai POM sudah intens melaksanakan pengawasan dan menyampaikan penyuluhan tentang dampak obat batuk itu. (RUL)

No comments