Breaking News

FKPD dan Masyarakat Dompu Dukung HGU PT SMS

Dialog Membahas HGU PT SMS di DPRD Kabupaten Dompu, Kamis (20/1/2017)



Dompu, Berita11.com— Iklim investasi di Kabupaten Dompu sangat bersahabat untuk berbagai investor. Terbukti dengan hadirnya sejumlah perusahaan skala besar seperti industri gula, PT Sejahtera Mandiri Sentosa yang beroperasi di lereng Gunung Tambora.

Dukungan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan masyarakat Kabupaten Dompu tergambar saat dialog dengar pendapat di gedung rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu, Kamis (19/1/2017).

Dialog yang digagas atas masukan masyarakat yang bertujuan untuk mengawal perkembangan situasi investasi perusahaan pabrik gula tersebut dipimpin secara langsung Ketua dan Wakil Ketua DPRD dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu H Agus Bukhari SH, M.Si, Presiden Direktur PT. SMS, Kapolres, Kasdim, Danramil, Kapolsek, Camat, Kades Doro Peti dan Sori Tatanga, Tokoh Pemuda dan masyarakat.

Dari dialog tersebut disepakati bahwa pemerintah, DPRD, TNI, Polri dan seluruh masyarakat Kecamatan Pekat, khususnya warga Desa Doro Peti dan Sori Tatanga mendukung hadirnya investasi perusahaan pabrik gula yang dapat membangun kesejahteraan ekonomi masyarakat. Saat ini PT SMS mengantungi Hak Guna Usaha (HGU) seluas 5.500 hektar di lereng Gunung Tambora.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE menjelaskan, dalam dialog tersebut diperoleh titik temu penyelesaian persoalan HGU PT SMS yang saat ini digarap dan dijadikan pemukiman oleh masyarakat. Pemkab Dompu sudah melakukan langkah yang jelas mengirim surat ke Kementerian Kehutanan agar membebaskan lahan tutupan negara untuk mengganti HGU yang digarap oleh masyarakat.

“Dalam hal ini sudah ada kepastian dari Kemenhut tersebut. Selain itu disepakati bahwa sebelum ada pengganti, masyarakat tidak boleh diganggu atau dikeluarkan dari lahan tersebut,” jelas Ardiansyah melalui siaran pers Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Jumat (20/1/2017). (SK)


No comments