Breaking News

Gagap Teknologi, 25 Persen Siswa di Sumbawa tak Siap Ikut UNBK

Kasi Kurikulum SMP Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Sudarli, M.Si. Foto Syahrul Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— 25 persen siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sumbawa belum siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena gagap teknologi. Itu berdasarkan hasil identifikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa.

Kepala Seksi  Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, Sudarli M. Si, mengatakan,  jika pun UNBK dipaksa terhadap siswa yang belum mahir menggunakan komputer, maka hasilnya tidak akan optimal.

“Kalaupun para siswa dipaksakan untuk bergabung di sekolah yang siap melaksanakan UNBK dengan kondisi kekurangan yang terjadi,  maka itu akan mempengaruhi pengetahuan siswa dalam mengikuti proses pelaksaan UNBK,” katanya kepada Berita11.com di Sumbawa Besar, Jumat (13/1/2017).

Diakui dia, selain masalah tersebut, kendala lain yang dihadapi di Kabupaten Sumbawa yaitu masalah jaringan internet, listrik dan fasilitas pendukung lain. Sejumlah kendala tersebut dihadapi terutama sekolah yang berada di wialyah terpencil.

Sudarli berharap ada kebijakan pemerintah pusat bagi siswa yang belum siap mengikuti UNBK diarahkan untuk mengikuti ujian secara manual atau menggunakan LJK.

“Kalaupun kebijakan dari pusat itu ada, maka Dinas Dikbud Sumbawa akan langsung menyiapkan proses ujian dengan cara UNBK dan menggunakan kertas,” katanya. (RUL)

  

No comments