Breaking News

Jika Temukan Petugas Parkir Liar, Lapor Polisi!

Area Parkir di Sumbawa Besar. Foto Syahrul Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Aktivitas parkir liar di Sumbawa Besar Kabupaten Sumbawa cukup banyak. Kegiatan itu meresahkan masyarakat. Untuk itu Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa mengimbau masyarakat agar melaporkan petugas parkir liar kepada aparat kepolisian.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa, Ir Mukmin mengatakan, yang memiliki kewenangan menumpas praktik parkir liar adalah aparat kepolisian, sedangkan Dishub hanya terbatas memberikan pembinaan dan pengawasan di lapangan.

“Kami hanya turun ke lapangan memberikan pembinaan dan pengawasan,” ujar Mukmin kepada Berita11.com di Sumbawa Besar, Selasa (24/1/2017).

Menurut dia, Dishub sudah mengingatkan penyelenggara parkir agar melengkapi petugas parkir dengan kartu identitas khusus. Selain itu dinas setempat juga sudah turun melaksanakan pengawasan.

“Namun kenyataanya para petugas parkir liar tersebut masih saja tetap melakukan pelanggaran yang sama,” ujar dia.

Mukmin mengimbau masyarakat agar tidak memberikan uang kepada petugas parkir liar tanpa legalitas yang jelas. Bila perlu pemilik kendaraan melaporkan aktivitas petugas parkir liar kepada aparat kepolisian.

“Sebab prilaku petugas parkir illegal sama saja telah melakukan pungutan liar atau Pungli,” katanya.

Secara terpisah, warga Sumbawa Besar, Iskandar mengungkapkan, selama ini keberadaan parkir liar sangat meraja lela. Hampir disetiap sudut kota terutama di sepanjang jalur jalan banyak terlihat petugas parkir yang menjalankan aktivitasnya secara liar. Umumnya petugas parkir liar tidak memakai baju tanda petugas parkir. Selain itu tidak memberikan karcis parkir sebagai tanda bahwa petugas parkir tersebut legal.

Tarif parkir yang diterapkan petugas liar untuk roda empat Rp3.000, sedangkan untuk roda dua atau sepeda motor dipatok Rp1.000-Rp2.000

“Perlu juga dipertanyakan kemana hasil dari penarikan retribusi oleh para parkir–parkir liar. Apakah memang hasil penarikan itu benar–benar disetor kepada pemerintah atau malah masuk ke kantong para oknum–oknum parkir liar tersebut,” katanya. (RUL)

No comments