Breaking News

LP3 NTB Desak Transparansi soal Dana Cadangan Rp2 Miliar di Dompu

Hearing LP3 NTB dengan DPPKAD Kabupaten Dompu, Kamis (19/1/2017).



Dompu, Berita11.com— Lembaga Peduli Pemerataan Pembangunan (LP3 NTB) mendesak Pemerintah Kabupaten Dompu terbuka soal dana cadangan Rp2 miliar dan anggaran persiapan Pilkada tahun 2015. Desakan itu disampaikan LP3 NTB saat mendatangani Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Dompu, Kamis (19/1/2017).

Koordiantor LP3 NTB, Fazrin, S.Sos meminta pemerintah juga membuka laporan penggunaan anggaran bantuan sosial dan dana hibah tahun 2015 dan tahun 2016. Selain itu  transparansi deposit atau anggaran cadangan Rp2 miliar di bank. Karena sebelumnya menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) lantaran tidak sesuai mekanisme.

Fazrin yang didampingi dua anggota LSM tersebut juga mendesak transparansi jumlah  pendapatan asli daerah (PAD) dan penggunaanya pada tahun 2015 dan tahun 2016. “Kami dari organisasi dan LSM bisa mengetahui supaya kita sama-sama membangun daerah ini,” katanya.

Bagaimana respon DPPKAD? Kepala DPPKAD Kabupaten Dompu, H Muhibuddin menjelaskan bahwa sebelum direalisasikan dana cadangan disimpan di Bank Pembangunan Daerah (BPD). Dana itu sudah dikeluarkan dan diserahkan oleh DPPKAD kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Dompu.

Mengenai desakan LP3 NTB yang meminta transparansi penggunaan anggaran persiapan Pilkada Dompu Tahun 2015, Muhibuddin menyilahkan agar meminta hal itu kepada KPUD Kabupaten Dompu.

Dijelaskannya, dana cadangan dibukukan dalam rekening kas daerah. Anggaran pendapatan daerah meliputi retribusi, pajak daeran dan pajak lain. “Kami Dinas PPKAD hanya menghimpun data atau laporan keuangan. Terkait semua yang menjadi tuntutan LP3 NTB silakan ajukan permintaan ke PPID,” katanya. (RL)

Baca Juga :

No comments