Breaking News

Pasca Terpilih, ini Program Pengurus Baru BEM UNSA

Ketua BEM Universitas Samawa, Sahrul. 



Sumbawa, Berita11.com— Pasca terpilih, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Samawa Kabupaten Sumbawa akan menggenjot sejumlah program kerja. Ada hal yang berbeda yang menjadi ciri senat mahasiswa setempat, yaitu mengutamakan ruang dialog atau hearing dalam menyikapi sejumlah isu.

“Keberadaan BEM UNSA yang baru ini, kami akan mencoba untuk melakukan terobosan baru untuk mencapai perubahan,” ujar Ketua BEM UNSA Kabupaten Sumbawa, Sahrul, saat diwawancarai Berita11.com di Sekretariat BEM UNSA, Jumat (20/1/2017).

Sahrul optimis membawa perubahan dan warna baru bagi BEM UNSA. Salah satu terobosan yang akan dilakukan dengan melaksanakan sejumlah kegiatan sebagai mana yang tertuang dalam tugas dan fungsi BEM setempat.

“Kami akan mencoba menghidupkan kembali kegiatan–kegiatan yang sudah lama tenggelam pada masa kepengurusan BEM UNSA yang lama,” isyaratnya.

Ia menyebutkan, sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan seperti seminar, dialog dan workshop. Kegiatan itu penting karena merupakan bagian dari  kebutuhan  mahasiswa. Karena di  UNSA  masih banyak mahasiswa yang mengeluh mengenai fasilitas yang kurang memadai.

“Di sini peran BEM   menjadi penyambung terhadap aspirasi yang disampaikan oleh para mahasiswa,” jelasnya.

Menurut dia, pengurus baru BEM UNSA tidak hanya fokus terhadap kegiatan non-akademik, namun akan menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Khususnya berkaitan dengan pengembangan ilmu pengetahuan mahasiswa. Tujuannya mendorong kapasitas dan daya intelektual mahasiswa.

“Nanti selain bisa mendapatkan (materi) di ruangan masing–masing,  BEM  juga akan berusaha memfasilitasi agar para mahasiswa bisa mendapatkan wawasan dan ilmu–ilmu tersebut,” ujarnya.

Sebelum berubah nama menjadi BEM UNSA, cikal bakal awalnya merupakan senat mahasiswa. Namun sejak perubahan itu, muncul istilah Presiden Mahasiswa atau Ketua BEM UNSA. Kiprah badan eksekutif setempat tidak hanya fokus pada internal, namun mengenalkan kampus kepada masyarakat luas. Karena belum tentu semua masyarakat mengetahui seluruh prestasi dan kegiatan kampus setempat.

Kegiatan lain yang akan dilakukan BEM setempat meningkatkan kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi yang diimplementasikan mahasiswa.

“Kami akan melakukan cara–cara yang cukup mudah untuk dekat dengan masyarakat terutama yang ada di sekitar kampus ini,” katanya.

Menurut Sahrul, pembangunan di Kabupaten Sumbawa ini tidak terlepas kontribusi dari banyak pihak, termasuk andil sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sumbawa. Atas dasar itu, BEM UNSA akan membangun koordinasi dengan sejumlah pihak di daerah maupun di tingkat nasional. Selama ini kiprah BEM setempat mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, pemerintah maupun sejumlah tokoh nasional asal Sumbawa seperti Fahri Hamzah dan Din Syamsuddin.

Mengenai persepsi publik yang menilai organisasi mahasiswa sarat dengan aksi unjuk rasa atau demo. Sahrul tidak menampik jika organisasi mahassiwa identik dengan unjuk rasa. Namun menurutnya, merupakan hal yang pantas dilakukan di dalam negara demokrasi. Aksi unjuk rasa mahasiswa selama ini merupakan bagian dari perjuangan akan hak masyarakat. Sebelum langkah itu ditempuh, BEM setempat akan mengutamakan upaya dialogis mencari jalan keluar atas sejumlah persoalan.

Pada sisi lain BEM UNSA juga memiliki komitmen mendorong pembangunan Kabupaten Sumbawa. “Ketika permintaan dialog dan hearing itu tidak direspon. Organisasi pun terpaksa harus turun ke jalan untuk menyuaran hal–hal dianggap pantas,” ujarnya.
Diakuinya, untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang telah direncanakan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Misalnya kegiatan dialog pembangunan meneropong pembangunan Kabupaten Sumbawa lima dan 10 tahun mendatang.

Sahrul berharap kiprah pengurus baru BEM UNSA mendapatkan dukungan banyak pihak baik internal kampus maupun dari pemerintah dan masyarakat luas. Untuk melaksanakan fungsi dan tujuan organisasi, akan berkoordinasi dengan lembaga kampus dan berbagai pihak lain.

 “Semoga ke depan kami bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak guna untuk bersama–sama membangun Kabupaten Sumbawa ini ke arah yang lebih maju,” harapnya. (RUL/RN)


Baca Juga :

No comments