Breaking News

Sindu: Wilayah KPH Ropang Aman dari Perambahan Hutan

Kepala KPH Ropang Kabupaten Sumbawa, Sindu Siregar, S.Hut. Foto Syahrul Berita11.com



Sumbawa, Berita11.com— Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Ropang Kabupaten Sumbawa, Sindu Siregar, S.Hut menjamin wilayah hutan yang menjadi tugas pokok pengawasan oleh kesatuan setempat aman dari aksi pembalakan liar (illegal logging).

“Potensi penebangan kayu secara liar di kawasan hutan wilayah KPH Ropang sangat minim, hampir tidak ada,” ujar Sindu Siregar kepada Berita11.com di Sumbawa, Kamis (19/1/2017).

Menurut dia, amannya wilayah tugas KPH setempat dari aksi pembalakan liar berkat peran dan kesadaran masyarakat Kabupaten Sumbawa. Jika pun ada kayu hasil illegal logging yang ditangkap, bukan berasal dari wilayah Kabupaten Sumbawa. Namun bersumber dari wilayah tugas KPH lain di Pulau Sumbawa.

“KPH Ropang memiliki kewenangan untuk menahan dan memeriksa dokumen–dokumen kepemilikan kayu karena pada hakektanya truk-truk pengakut kayu melewati wilayah Kabupaten Sumbawa,” katanya.

 Kendati wilayah KPH Ropang aman dari pembalakan, kesatuan setempat tetap fokus menyusun rencana pengelolaan jangka panjang, tahun 2018-2028. Tujuannya pemetaan wilayah untuk mengetahui potensi.

Secara umum luas wilayah KPH Ropang 69.492,18 hektar yang terdiri dari 52.879,30 hektar hutang lindung, 16.343,38 hektar hutan produksi terbatas dan 251,5 hektar hutan produksi tetap. (RUL)  

No comments