Breaking News

Stok Rastra Sumbawa Bertambah 500 Ton

Drs. Lalu Tawang. Foto Syahrul Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— stok beras untuk masyarakat sejahtera (Rastra) Kabupaten Sumbawa tahun 2017 bertambah menjadi 8.000 ton bila dibandingkan tahun 2016 yang hanya 7.500 ton.

Kepala Perum Bulog Subdivre Sumbawa, Drs Lalu Tawang menyebutkan, selain untuk Kabupaten Sumbawa, stok sebanyak 8.000 ton juga diperuntukan Kabupaten Sumbawa Barat. Setiap bulan rumah tangga sasaran (RTS) menerima jatah beras 15 kilogram. Nilai pembayaran Rastra Rp1.600 per kilogram atau Rp24 ribu untuk 15 kilogram.

Dikatakan dia, sesuai mekanisme selama ini, pembayaran Rastra dilakukan di setiap desa atau kelurahan. Selanjutnya uang pembayaran itu disetor oleh kepala desa ke rekening Bulog. Sejauh ini, Bulog Subdivre Sumbaw menghadapi sejumlah kendala dalam menyalurkan Rastra. Diantaranya banyaknya pengadaan menyebabkan Bulog sulit memeriksa kualitas beras yang ada dalam karung.

“Sebab jumlah beras Rastra tersebut sangat banyak dan sulit untuk melihat kualitasnya satu persatu. Karena kulitas beras Rastra yang ada dalam ketentuan adalah beras  yang jenis katagorinya beras medium yang kadar airnya 14 persen dan tingkat keputihan minimal 95 persen dan broken (beras patah)  maksimum 20 persen,” katanya.

Terlepas dari kendala itu, Bulog berharap apabila para RTS menerima beras Rastra yang tidak berkualitas melapor atau mengembalikan ke desa.

“Nanti desa dan kelurahan akan menyampaikan ke Bulog untuk menukarkan beras Rastra yang tidak berkualitas tersebut dengan yang berkualitas,” ujar dia. (RUL)


Baca Juga :

No comments