Breaking News

Tambang Emas segera Beroperasi, APLT Hu'u Buka Kantor Cabang di Dompu

Penyerahan Mandat kepada Ketua APLT Kecamatan Dompu, Taufik M Nor. Foto Berita11.com



Berita11.com, Dompu—Asosiasi Pengusahaa Lingkar Tambang (APLT) Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu NTB membuka cabang APLT yang berkedudukan di Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu Kab Dompu. Pembukaan kantor ditandai penyerahan mandat atau surat tugas oleh pimpinan APLT, Baharuddin kepada Ketua Kantor Cabang APLT Kecamatan Dompu, Taufik M Nor.

Penyerahan mandat disaksikan oleh Ketua Dewan APLT, M. Saleh Zakaria dan sejumlah pengurus APLT Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu NTB.

Ketua APLT  Kecamatan Hu’u, Baharuddin mengatakan, penyerahan mandat merupakan upaya asosiasi mengoptimalkan pelayanan. Selain di Sekretariat APLT Hu’u, perusahaan yang berminat bergabung di perusahaan tambang emas di Kecamatan Hu’u bisa mendaftar di Kantor Cabang APLT Kecamatan Dompu.

Dijelaskan dia, keberadaan APLT merupakan jembatan untuk perusahaan yang ingin bergabung menjadi sub-kontraktor pada perusahaan induk tambang ems PT STM di Kecamatan Hu’u.

“Diharapkan perusahaan yang ada di seputaran wilayah Kota Dompu, wilayah Bima serta wilayah lain tidak lagi jauh-jauh ke Hu’u. Jadi bisa langsung mendaftar di kantor cabang kami yang sudah ada di Dompu saat ini,” katanya kepada Berita11.com, Jumat (6/1/2017).

Baharuddin mengatakan, selain menjadi jembatan bagi perusahaan yang ingin menjadi sub-kontraktor di perusahaan tambang emas di Kecamatan Hu’u, keberadaan APLT untuk memberikan rasa aman, menaungi dan melindusi setiap perusahaan. Perusahaan-perusahaan itu harus terdaftar di APLT.

“Kalaupun tidak terdaftar, perusahaan tersebut buka perusahaan kami. Dalam tahap perekrutan perusahaan, APLT sudah ada kewenangan. Jadi kami bekerja profesional,” ujar dia.

Baharuddin mengisyaratkan, APLT akan memperketat seleksi bagi perusahaan sub-kontraktor tambang yang mendaftar. Terutama terkait kelengkapan dokumen perusahaan. Apakah sesuai keinginan PT STM Vale atau tidak.

Menurut dia, APLT memiliki kewenangan memverifikasi perusahaan yang akan tergabung dengan manajemen perusahaan induk. Karena sebelumnya APLTU sudah menandatangani kerjasama (MoU) dengan PT STM Vale

“Isi perjanjian bagi perusahaan manapun yang akan masuk berkerja di lingkaran tambang harus terdaftar terlebih dulu di APLT. Kalau tidak terdaftar bisa kami pastikan perusahaan tersebut tidak bisa melakukan aktifitasnya di daerah lingkar tambang,” katanya.

Baharuddin mengimbau, sebelum memasuki tahap produksi, seluruh perusahaan yang tertarik bergabung menjadi sub-kontraktor di perusahaan tambang emas Kecamatan Hu’u segera mendaftar di APLT.

“Terutama bagi perusahaan-perusahaan lokal karena perusahaan tersebut lebih di perioritaskan,” tandasnya. (SK/*)

No comments