Breaking News

TP4D Siap Bidik Aktor Koruptor

Sosialisasi Peran TP4D Kabupaten Sumbawa. Foto Syahrul Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) wilayah hukum Kejaksaan Negeri Sumbawa siap membidik “aktor” koruptor yang menggerayangi anggaran negara dan daerah. Peran TP4D disosialisasikan di aula kantor Bupati Sumbawa, Senin (23/1/2017).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumbawa,  Paryono SH MH  pembentukan TP4D berdasarkan  Intruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 untuk mengantisipasi praktik korupsi di lingkup pemerintahan.

Secara umujm, tugas TP4D mengawal , mengamankan dan mendukung keberhasilan jalanya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya langkah antisipasi praktik Korupsi.  Selain itu dapat memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari awal sampai akhir.

“Bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pekerjaan dan program pembangunan masing-masing SKPD, melakukan pendampingan,” katanya.

 Selain itu, berkoordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat, menggagalkan dan menimbulkan kerugian bagi keuangan negara.

Pada sisi lain, TP4D bisa bertindak represif ketika ditemukan bukti permulaan yang cukup setelah berkoordinasi dengan aparat pengawas intern pemerintah daerah. (RUL)


No comments