Breaking News

160 Koperasi di Kabupaten Dompu akan Diusulkan Dibubarkan

Drs H Ibrahim. Foto Berita11.com


Dompu, Berita11.com— 160 dari total 285 koperasi berbadan hukum di Kabupaten Dompu dikategorikan tidak sehat atau tidak aktif. Ratusan koperasi tersebut akan diusulkan dibubarkan. Pada tahap pertama tujuh dari 14 koperasi di Bumi Nggahi Rawi Pahu dipastikan dibubarkan setelah ditetapan melalui Surat Keputusan Kementerian Koperasi.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Dompu, Drs H Ibrahim menyebut, sebagian koperasi tidak sehat umumnya tidak melaksanakan aktivitas seperti layaknya koperasi aktif. Hal itu juga dilihat dari laporan keuangan setiap koperasi.


Baca Juga:


Menurut dia, sesuai ketentuan dan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (ADRT) koperasi wajib melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Namun hingga menjelang batas akhir Maret mendatang baru 10 koperasi di Kabupaten Dompu yang melaksanakan RAT.
“Banyak koperasi yang tidak sehat. Ini akan kita tertibkan, apalagi menyusul keluarnya ketentuan dari kementerian (Koperasi),” katanya kepada Berita11.com di Diskop dan UKM Kabupaten Dompu, Kamis (16/2/2017).

Pemerintah menetapkan deadline bagi setiap koperasi paling telat melaksnakan RAT akhir Maret. Jika dua kali berturut-turut koperasi itu tak melaksanakan ketentuan itu maka akan ditegur, dibebukan hingga dibubarkan.

“Dua kali tak melaksanakan RAT kita bubarkan karena. Karena ketentuannya harus melaksanakan itu,” katanya.

Menurut Ibrahim, saat ini dinas setempat fokus mengawasi dan membina koperasi. Mulai tahun 2017 ini, pemerintah akan membangkitkan aktivitas Koperasi Unit Desa (KUD) untuk mendorong ekonomi mikro terutama petani. Harapannya juga mendukung aktivitas pertanian jagung di Kabupaten Dompu. (US)

Baca Juga :

No comments