Breaking News

Bakal Dicecar BPK, Kades Diminta Transparan soal ADD

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri saat Melaksanakan Monev di Desa Sanolo.


Bima, Berita11.com— Seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bima sudah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pentinganya pengelolaan anggaran secara terbuka yang dilaksanakan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima. Namun hasilnya hingga kini, masih ada kepala desa yang belum melaksanakan tujuan Bimtek itu.

Hal tersebut menjadi radar sorotan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP). Kades diingatkan agar mengelola anggaran secara transparan.  Karena kendati tahun 2016 lalu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hanya memeriksa 50 desa di Kabupaten Bima sebagai sampel, pada tahun berikutnya tidak menutup kemungkinan 191 desa harus siap dicecar pertanyaan tentang penggunaan anggaran desa oleh auditor.

“Ke depan tentunya pemeriksaan BPK akan menyeluruh di 191 desa. Untuk itu, perlu diperhatikan oleh para kepala desa untuk tertib adminstrasi dan transparan dalam penggunaan dana desa,” ingat Bupati IDP seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos.

Saat safari pra-Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Desa Sanolo Kecamatan Bolo, Rabu (1/2/2017) Bupati IDP juga meminta kepala desa agar menyiapkan papan informasi yang memuat program dan item anggaran desa. Hal itu sesuai dengan output yang diharapkan pasca Bimtek yang digelar PPID Kabupaten Bima.

“Para kepala desa sudah mebgikuti Bimtek dengan Kominfo berkaitan dengan keterbukaan informasi publik. Saya berharap agar para kepala desa menerapkan apa yang menjadi amanat Bimtek itu untuk diterapkan di masyarakat,” katanya.

Sesuai rencana Pemkab Bima, safari pra-BBGRM di Desa Sanolo dan sejumlah di Kecamatan Bolo akan dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis. Setelah itu akan dilanjutkan di kecamatan lain. Safari dimaksudkan untuk monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan APBDes 2016 dan persiapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes)  dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2017. Selain itu menyerap aspirasi masyarakat pada setiap desa. (AN)

No comments