Breaking News

Bakesbangpol: Sikapi Medsos dengan Kedewasaan!

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bima/ Ilustrasi




Kota Bima, Berita11.com— Pemanfaatan media sosial (Medsos) sebagai wadah ekspresi saat ini banyak disalahgunakan. Itu tergambar  banyaknya informasi palsu (hoax) serta status, komentar dan postingan “jahat” yang mengancam nilai kesatuan. Untuk itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bima menyerukan masyarakat agar dewasa mengggunakan Medsos.

Menurut Kepala Bakesbangpol Kota Bima, Drs. Ach. Fatoni, kedewasaan semua pihak untuk menyikapi dinamika dalam media sosial sangat penting untuk memastikan keutuhan persatuan dalam masyarakat di daerah.

“Kita mau menahan derasnya perkembangan teknologi kita tidak bisa. Jadi perlu kedewasaan berpikir kita,” katanya kepada Berita11.com di Bakesbangpol, Rabu (8/2/2017).

Diakuinya perkembangan media sosial dapat memberikan dampak positif. Seperti penyajian berita dan informasi yang membangun. Terutama pengetahuan tentang hal-hal baru yang belum diketahui. Untuk itu, butuh pengendalian diri untuk memahami sesuatu dalam sosial media.

“Pengendalian diri agar bisa mengukur dan memilah apa saja yang beredar di media sosial. Kita harus cermati,” kata dia.

Dikatakannya, penggunaan media sosial dapat dijadikan sebagai sebuah proses pembelajaran diri agar menjadi lebih bijak.  Budaya silaturahmi bertatap muka langsung sudah jarang dilakukan karena adanya Medsos. “Silaturahmi secara face to face saja sekarang berkurang karena Medsos,” ujarnya.

Menurut Fatoni sadar atau tidak kebiasaan-kebiasaan berjumpa dan bertatap muka melalui media sosial mengikis budaya-budaya yang terpelihara dan bahkan lebih memrihatinkan hilang ditelan zaman.

“Jadi di situlah perlu upaya dan gerakan secara masif dari semua pihak. Supaya meminimalkan dan mengfilter diri kita. Karena sekarang ini hubungan dan kedekatan kita termakan oleh Medsos,” katanya. (ID)

Baca Juga :

No comments