Breaking News

Bupati IDP “Intip” Pengelolaan ADD

Bupati IDP saat Dialog dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat


Bima, Berita11.com— Kendati kepala desa memiliki hak penuh pengelolaan dana desa, namun Pemerintah Kabupaten Bima tampaknya tidak ingin uang rakyat kebablasan tidak sesuai ketentuan. Untuk itu, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) dan Wabup Bima, Drs H Dahlan HM Noer mengunjungi sejumlah desa di Kabupaten Bima.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos menjelaskan, sesuai jadwal, kunjungan itu  dilaksanakan Rabu (1/2/2017) hingga Kamis (16/2/2017) mendatang. Kunjungan atau pemantauan langsung dimulai dari Desa Sanolo, Sondosia, Darussalam, Bontokape, Timu dan Leu.

“Kunjungan dan tatap  muka berlangsung hingga sore hari. Dalam setiap kesempatan,Bupati Bima  selalu mengingatkan kepada para kepala desa agar transparan dalam pengelolaan keuangan deaa mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan,” jelas Armin Farid.

Dikatakannya, dalam kunjungan di setiap desa Bupati Bima yang didampingi sejumlah kepala SKPD mendengarkan pemaparan kepala desa terkait pelaksanaan program yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2017. Pada kunjungan itu, Bupati dan Wabup Bima berdialog dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi.

Saat kunjungan,  berbagai usulan masyarakat terkait penataan dan pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur yang ada di desa seperti pengadaan lapangan olahraga, drainase, kondisi masjid dan mushalla, hotmix gang desa, brongjong dan pemberdayaan masyarakat mengemuka.

Menanggapi hal berbagai usulan itu, Bupati Bima  mengiyaratkan pemerintah akan menindaklanjuti  menyesuaikan kemampuan APBD Kabupaten Bma. Sejumlah usulan akan disesuaikan dengan item yang tertuang dalam APBDes Tahun 2017. (AN)

No comments