Breaking News

Diskominfo dan Statistik akan Kolaborasi dengan Tim Cyber

Muslimin, S.Sos. Foto Berita11.com



Bima, Berita11.com— Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo Statistik) Kabupaten Bima akan berkolaborasi dengan Tim Cyber Kepolisian dalam menegakkan implementasi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Untuk itu masyarakat diharapkan bijak dalam menggunakan teknologi informasi (IT).

“Kita berharap masyarakat dapat memahami apa yang dilarang Undang-Undang ITE. Kita juga tidak ingin masyarakat hanya karena obrolon ringan tanpa mereka saring menyebaban ketidaknyaman orang yang membaca,” ujar Kabid Informasi Publik dan Desiminasi Informasi Diskominfo dan Statistik Kabupaten Bima, Muslimin, S.Sos kepada Berita11.com, Senin (6/2/2017).


Baca Juga:


Muslimin mengingatkan, pada saat teknologi maju seperti sekarang, tak sulit bagi pemerintah dan Tim Cyber melacak account maupun nomor telepon selular yang digunakan untuk menyebarkan pesan provokatif, penodaan, penghinaan terhadap seseorang maupun pejabat pemerintah. Untuk itu, masyarakat diharapkan bijak menggunakan teknologi informasi seperti sosial media maupun berbagai platform komunikasi baru di internet.

“Kebebasan menggunakan teknologi ini bukan tanpa batas tapi ada aturannya. Sekarang pemerintah tidak kesulitan melacak nomor maupun account seseorang. Posisinya di mana, mereka akan bisa mengacak. Jangan sampai ada masyarakat  yang berpikir bisa menyiasati beli nomor baru. Itu tetap bisa dilacak!” ujar Muslimin mengingatkan.

Menurut dia, kehadiran Undang-Undang ITE dan berbagai perangkat regulasi terkait bukan merupakan bagian dari upaya pemerintah membungkam kebebasan masyarakat berekpresi. Namun hanya mengatur agar pengguna teknologi informasi bertanggunjawab dan mengikuti ketentuan.

Diisyaratkannya, setelah revisi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE dilengkapi regulasi turunan seperti Peraturan Pemerintah (PP), Diskominfo dan Statistik Kabupaten Bima akan menyosialisasikan Undang-Undang dan regulasi itu kepada masyarakat.

“Buka tidak mungkin dengan diberlakukan UU ITE ini sudah disikapi perangkat-perangkat yang bisa mengatur itu. Akan ada tindaklanjutnya penerapan, akan ada Peraturan Pemerintah, maupun regulasi turunan di daerah,” katanya. (US)

No comments