Breaking News

Diskominfo Statistik dan Kades Bahas Pembangunan 15 BTS

Rapat Koordinasi Diskominfo dan Statistik dengan Aparatur Desa. Foto Berita11.com



Bima, Berita11.com— Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo Statistik) Kabupaten Bima, Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawarahan Desa (BPD) membahas rencana pembangunan 15 titik Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Kabupaten Bima, Senin (6/2/2017).

Pertemuan membahas rencana pembangunan BTS tersebut dilaksanakan di aula Diskominfo Statistik Kabupaten Bima, jalan Gajah Mada Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima.

Kepala Diskominfo dan Statistik Kabupaten Bima, Abdul Wahab, SH mengatakan, penambahan jatah 15 titik BTS di Kabupaten Bima disetujui Kementerian Kominfo setelah SKPD setempat berjuang memperoleh mengusulkan pembangunan tower telekomikasi itu. Bahkan usulan pembangunan BTS menjadi atensi Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri.
“Awalnya hanya disetujui sembilan. Tapi setelah kami paparkan, kebetulan mendapatkan kesempatan pertama sehingga kita bisa mendapat jatah sebanyak 15 dari BP3TI Kementerian Kominfo,” ujar Wahab setelah membuka rapat dengan Kades dan perwakilan BPD, Senin (6/2/2017).

Diakui Wahab sebelum Diskominfo dan Statistik menyampaikan usulan kepada pemerintah pusat, banyak survei lokasi pembangunan BTS yang dilakukan berbagai pihak. Namun tidak membuahkan banyak hasil, hingga pemerintah daerah berupaya menyampaikan usulan itu kepada Kementerian Kominfo.

Sementara Kepala Bidang Informasi Publik dan Desiminasi Informasi Diskominfo dan Statistik Kabupaten Bima, Muslimin, S.Sos menyebutkan, sesuai yang disetujui Kementerian Kominfo, 15 titik pembangunan BTS tahun 2017 meliputi Desa Lere dan Poja Kecamatan Sape, Desa Oi Panihi, Kawinda Toi, Oi Katupa Kecamatan Tambora, Desa Oi Saro dan Desa Piong Kecamatan Sanggar, Desa Kanca, Desa Dumu, dan Desa Sambane Kecamatan Langgudu, Desa Hidirasa Kecamatan Wera dan Desa Tolotongga Kecamatan Monta.

Selain BTS yang berasal dari anggaran BP3TI Kementerian Kominfo, tiga BTS di wilayah Kabupaten Bima juga akan dibangun oleh PT Telkomsel meliputi Desa Mawu Kecamatan Ambalawi, Desa Sampungu Kecamatan Soromandi dan Desa Rasabou Kecamatan Tambora.

“Harapan pemerintah setelah 15 BTS itu dibangun tidak ada lagi blenkspot area. Masyarakat terhubung dan dapat berkomunikasi melalui telepon selular,” ujar mantan Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Bima ini. (US/*)

No comments