Breaking News

Dompet Dhuafa Terjunkan Tim DMC di Seluruh Pelosok Indonesia

Tim Disaster Management Centre yang Diterjunkan Membantu Korban Banjir.


Jakarta, Berita11.com— Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa menerjukan tim diseluruh wilayah Indonesia yang tertimpa bencana, hingga saat ini (Senin 13/02). Tim Disaster Management Centre, terus bergerak membangun posko sehat, dapur umum hingga balai pengobatan sementara di wilayah tertimpa bencana yaitu Pandeglang dan Sumbawa.
Sejak Kamis (9/2/2017), terdapat tujuh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa yang mengalami dampak terparah meliputi Kecamatan Sumbawa, Moyo Hilir, Moyo Utara, Utan, Alas, Empang dan Tarano.

Menurut Direktur Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa, Syamsul Ardiansyah, Tim DMC, pada Minggu (12/2/2017) sudah melakukan aksi bersih di PAUD Biharsyah Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa.

Tim DMC bersinergi dengan relawan Mapala Maras Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan relawan Pramuka dan respon darurat banjir di Moyo Utara (Masjid An-Nur, Dusun Tahan, Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara) yaitu berupa pengiriman 200 paket logistik, Sekolah Ceria bersama 50 anak, pendirian Pos Hangat serta menyiagakan sarana untuk evakuasi.

Syamsul menuturkan bahwa Tim DMC sudah terjunkan tim tanggap bencana sejak Jumat (10/2/2017) bersama relawan Bima, Rangga dengan mengirimkan logistik ke Dusun Pangeyar Balai Desa Kakiang, Kecamatan Moyo Hilir. Kemudian pada Sabtu (11/2/2017) Tim DMC melakukan aktivitasnya seperti aksi bersih di di Musholla Al Ikhlas, pengiriman logistik, layanan kesehatan, dan sekolah ceria di pos pengungsian Sumbawa.

Hingga Senin (13/2/2017) Tim DMC sudah mendukung kebutuhan untuk tiga Kecamatan pada respon Sumbawa yaitu  di Kecamatan Sumbawa dengan aksi bersih dan pengiriman logistik. “Di wilayah Kecamatan Moyo Utara  berupa pengiriman logistik, pendirian sekolah ceria bersama puluhan anak, mendirikan pos hangat, hingga menyiagakan fasilitas evakuasi para korban banjir,” ujar Syamsul melalui siaran pers Dompet Dhuafa yang diterima redaksi Berita11.com, Senin (13/2/2017).

Sementara di Kabupaten Pandeglang, Banten, banjir menerjang ratusan rumah dan ratusan hektar  terendam banjir. Menurut Syamsul, wilayah Padeglang yang terdampak parah terjadi di Desa Munjul Kabupaten Pandeglang.

Tim DMC langsung bergerak serta mendirikan dapur umum, mendistribusikan 800 paket logistik. Hingga  Senin (13/2/2017) hujan masih turun dengan intensitas sedang dan lebat di wilayah Kabupaten Pandeglang sementara di sisi lain masyarakat masih membutuhkan obat-obatan dan selimut.

Tim DMC beserta komunitas seperti Respek (Relawan Sosial Peduli Kemanusiaan) dan HVC (Honda Vario Club) Banten melakukan aksi pendataan hingga pendistribusian 800 paket logistik bagi masyarakat yang terkena dampak terparah di Desa Munjul Kabupaten Pandeglang, Banten.


Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 22 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (US)

No comments