Breaking News

Dua Desa di Dompu Disiapkan Mengikuti Lomba KIP

Abdul Syahid SH. Foto Hamid Berita11.com


Dompu, Berita11.com—Pemerintah Kabupaten Dompu menargetkan meraih penghargaan bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Dua desa yaitu Temba Lae dan Desa Kadindi Kecamatan Pekat disipakan sebagai duta Kabupaten Dompu pada lomba KIP tingkat Provinsi NTB.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH, mengatakan, dua desa yang disiapkan mengikuti lomba keterbukaan informasi publik merupakan yang terbaik dalam implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang KIP.

“Kemarin kami disurati Komisi Informasi NTB. Akan ada pemeringkatan kembali website itu akan dilombakan. Kami diminta menyiapkan dua desa terbaik mengikuti lomba tingkat NTB,” katanya kepada Berita11.com di Diskominfo Kabupaten Dompu, Kamis (16/2/2017).


Baca Juga:


Diakui mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu ini, Diskominfo setempat sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. “Kami segera melakukan pembinaan dan evaluasi atas apa yang mereka (pemerintah desa) lakukan,” katanya.

Menurut Syahid, implementasi KIP di Kabupaten Dompu sudah sangat baik. Itu juga dilihat dari pengelolaan website Pemerintah Daerah. Bahkan sudah banyak desa di Kabupaten Dompu yang memiliki webstie setelah pelaksanaan program desa terang benderang informasi. Target Pemerintah Kabupaten Dompu adalah menjadi jawara atau yang terbaik dalam implementasi KIP.

Dalam waktu tak lama, Diskominfo akan menggarap website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama yang akan dikoneksi dengan seluruh PPID Satuan Kerja di Kabupaten Dompu. Akan ada informasi berkala dan kontinyu yang akan disiapkan oleh PPID.

“Bupati juga sudah warning pejabat itu penyebabr informasi yang positif terutama tentang pembangunan. Kalau informasi lain yang cenderung dekstruktif bisa difilter. Saya juga sudah membuat group WhatshApp yang beranggota pejabat eselon 2,3 dan 4. Rencanana juga kita buat group untuk eksektufi dengan legislatif, membahas program pembangunan. Nanti legislatif bisa menindaklanjutinya dengan menyiapkan anggaran,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya sedikitnya sudah empat penghargaan dari Presiden yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Dompu sejak kepemimpinan H Bambang M Yasin. Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu proyeksi pemerintah daerah. (US)

Baca Juga :

No comments