Breaking News

Ini Data Banjir Bandang Sumbawa versi BPBD

Banjir yang Melanda Sumbawa Besar beberapa waktu lalu. 


Sumbawa, Berita11.com— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa merilis dampak banjir bandang yang melanda Kabupaten Sumbawa akhir Januari lalu. Jumlah korban atau yang terdampak banjir sebanyak 3.276 jiwa atau 929 kepala keluarga.

Sekertaris Badan Penggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Drs Ahmad, menyebutkan, banjir bandang akhir Januari lalu melanda Kecamatan Sumbawa, Unter Iwes dan Labuan Badas.

Disebutkannya, berdasarkan pendataan BPBD setempat, terjangan banjir 50 centimeter merendam  tujuh kepala keluarga (KK) di Kelurahan Samapuin Karang Goreng Kecamatan Sumbawa. Sementara di Desa Nijang Kecamatan Untir Iwes banjir merendam 190 KK, sedangkan di Dusun Sering Air Airmata Desa Kerato banjir merendam 11 KK.

“Sebanyak 11 KK yang mengalami kerugian harta benda berupa peralatan dapur dan peralatan rumah tangga lainya di Kecamatan Labuan Badas,” ujar Ahmad kepada Berita11.com di Sumbawa Besar.

Sementara kerusakan lain akibat banjir setinggi 120 centimeter, 305 kepala keluarga atau 1.100 jiwa  di Dusun Sumer Paying juga terdampak banjir. Pada desa yang sama, di Dusun Tanjung Pengamas 194 KK atau 597 jiwa juga terdampak banjir.  Sementara di Dusun Buin Pandan 83 KK atau 383 jiwa juga terdampak banjir.

Di Dusun Olat Rarang Kampung Muhajiri sebanyak 22 KK atau 84 jiwa juga terdampak banjir. “Sehingga total keseluruhan sebanyak 929 kepala keluarga atau 3276 jiwa,” kata Ahmad.

Ahmad menyebut, kerusakan lain akibat banjir yaitu di Kecamatan Untir Iwis, tembok tempat pemakaman umum sepanjang 20 meter di Desa Nijang Atas, rubuh akibat banjir. Dampak lainnya, tebing kali setinggi 25 meter di Desa Nijang Atas juga ambruk karena banjir. Banjir juga menghempas jembatan penghubung sepanjang 15 meter di Untir Iwis. Sementara itu, 133 hektar lahan pertanian juga terendam banjir dan dipastikan gagal panen.

Data lainnya, tiga unit rumah warga Kecamatan Labuan Badang yang berlokasi tepat di belakang Kompi Senapan 742 juga  rusak berat akibat longsor. Banjir bandang juga melabrak sejumlah saluran irigasi di Dusun Nijang Bawah. Kantor Desa Karang Dima juga tidak luput dari terjangan banjir. Tembok kantor sepanjang 30 meter di desa setempat ambruk karena terjangan banjir.

Banjir juga menyebabkan tanggul pelindung banjir di kompleks perumahan BTN Karang Dima jebol. Sementara itu tombok SDN Karang Dima dan SMPN 4 Labuan Badas sepanjang 50 meter dan 40 meter jebol. (RUL)

No comments