Breaking News

Ini Inovasi Baru Pemkab Bima Mendorong Minat Baca

Peluncuran Hallo Perpustakaan oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima terus berupaya mendorong minat baca dan angka literasi. Untuk mendukung upaya itu, Senin (6/2/2017) Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) meluncurkan program Hallo Perpustakaan.

Hallo Perpustakaan merupakan program yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima dalam mendorong Gerakan Bima Membaca. Program tersebut juga diharapkan menjadi Top Inovasi Nasional karena merupakan terobosan pertama di Indonesia.

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi positif kepada jajaran Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima yang telah mampu menciptakan program kreatif dan inovatif bagi upaya peningkatan minat baca dan pelayanan kepada masyarakat secara gratis,” ujar Bupati IDP saat peluncuran Hallo Perpustakaan di kantor Bupati Bima, Senin (6/2/2017).

Program Hallo Perpustakaan adalah bentuk layanan jasa perpustakaan yang bersahabat dengan masyarakat. Karena tanpa harus berkunjung ke  perpustakaan masyarakat bisa menelpon pihak perpustakaan meminjam  buku atau referensi. Selanjutnya buku atau bahan bacaan akan  diantar ke alamat oleh petugas perpustakaan.

Program Hallo Perpustakaan menyediakan berbagai layanan yaitu antar-jemput buku, layanan informasi bahan perpustakaan, layanan mobile library,  dan pengaduan masyarakat tentang kinerja dan pelayanan perpustakaan.  Hotline Hallo Perpustakaan yang diluncurkan yaitu (0374) 43558 dan nomor mobile 082260715050.

Menurut Bupati IDP, Hallo Perpustakaan sangat penting untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Karena hasil survey Badan Pusat Statistik tahun 2012 menunjukkan baru 17,66 persen masyarakat yang gemar membaca surat kabar, buku, atau majalah, sedangkan 91, 55 persen lebih menyukai menonton televisi.

“ Mudah-mudahan program ini dapat berjalan secara berkelanjutan pada masa yang akan datang, “ harap IDP.

Peluncurah Hallo Perpustakaan ditandai pengguntingan pita pada mobil perpustakaan keliling  oleh Wakil Bupati Bina, Drs H Dahlan HM Noer, M.Pd dan pemberian kartu perpustakaan gratis kepada pelajar,mahasiswa, pegawai dan masysrakat umum oleh Bupati dan Wakil Bupati Bima. (AN)

Baca Juga :

No comments