Breaking News

Ini Jadwal Musrembang Kecamatan di Kabupaten Bima

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri Mendengarkan Aspirasi Masyarakat

Bima, Berita11.com— Seluruh kecamatan di Kabupaten Bima dijawalkan akan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan pada pertengahan hingga akhir Februari 2017 ini.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos menyebutkan, sesuai jadwal Musrembang kecamatan akan dilaksanakan mulai Senin (13/2/2017) hingga Senin (27/2/2017). Pelaksanaan Musrembang dibagi dua tahap yaitu fase A meliputi Kecamatan Palibelo, Belo, Soromandi, Bolo, Parado, Sape, Ambalawi, Wawo, dan Tambora, sedangkan fase B meliputi Kecamatan  Woha, Langgudu, Donggo, Madapangga, Monta, Lambu, Wera, Lambitu dan Sanggar.

“Mulai di Kecamatan Palibelo dan berakhir di Kecamatan Tambora pada tanggal 23 Februari 2017. Sedangkan Tim (fase) B memulai Musrembang di Kecamatan Woha dan berakhir di Kecamatan Sanggar,” ujar Armin, Senin (13/2/2017).

Murembang kecamatan di Kabupaten Bima dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Bupati Bima Nomor 005/004/002/2017 Tentang Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Tahun 2017. Edaran itu merupakan implementasi dari  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

“Maka wajib bagi daerah menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sebagai perencanaan pembangunan tahunan dan merupakan penjabaran rencana pembangunan jangka menengah daerah yang disusun melalui pendekatan tekhnokratik, partisipatif, bottom up dan top down, mengacu pada kebijakan nasional dan provinsi,” katanya.

Substansi dan materi Musrenbang kecamatan terdiri dari kegiatan prioritas masing-masing desa yang tidak dapat dibiayai melalui APBdes. Prioritas itu disesuaikan dengan usulan UPT Dinas, Camat dan hasil reses DPRD pada masing-masing daerah pemilihan. (AN)


Baca Juga :

No comments