Breaking News

Ini Target Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa

Isnaini SP. Foto Syahrul Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa menargetkan pembangunan jaringan irigasi pada sejumlah titik sawah di Kabupaten Sumbawa. Pembangunan infrastruktur tersebut untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Kepala Bidang Prasana, Sarana, dan Penyuluhan Pertanian Disper Kabupaten Sumbawa, Isnaini SP menyebutkan, jaringan irigasi akan dibangun di Kecamatan Moyo Hilir, Lape, Lape, Moyo Hulu, Utan, Alas, Empang, Plampang, dan sejumlah kecamatan lain.

“Tergetnya pembangunan jaringan irigasi tersebut di beberapa kecamatan untuk menunjang produktivitas pertanian di tanah Samawa,” ujar Isnaini kepada Berita11.com, Kamis (2/2/2017).

Diakui Isnaini, rencana pembangunan jaringan irigasi masih dalam tahap perencanaan. SKPD setempat sudah menyampaikan permohonan anggaran yang bersumber dari Bantuan Sosial Tahun 2017.

“Kalaupun program ini jadi. Maka kami menargetkan jaringan irigasi tersebut harus mengairi lahan seluas 500 hektar,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika usulan proyek jaringan irigasi gol, maka akan dilaksanakan secara  swakelola oleh para kelompok tani. Karena mereka yang akan mengajukan proposal.

“Kami di Dinas Pertanian nantinya hanya mengfasilitasi dan melakukan pengawasan. Baik itu dalam pengelolaan anggaran maupun fisik pekerjaan,” terangnya.

Isnaini menyebut, berdasarkan data SKPD setempat tahun 2016 jumlah kelompok petani di Kabupaten Sumbawa sebanyak 3000 kelompok. “Jumlah tersebut merupakan data tahun 2016 kemarin,” tandasnya. (RUL)

Baca Juga :

No comments