Breaking News

Kamu Alumnus SMK? ini Lowongan yang Disiapkan Disnakertran Kabupaten Bima

H Mustafa, M.Ap. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima bekerja sama dengan industri dan perusahaan daerah membuka bursa kerja bagi pelajar dan tamatan sekolah menengah kejuruan (SMK). Pelaksanaan job fair rencananya akan digelar di SMKN 10 Bima di Desa Belo Kecamatan Palibelo pada 21 dan 22 Februari mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan, Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Bima, H. Mustafa,S.Sos. M.AP mengatakan kegiatan diutamakan untuk menyasar alumni SMK yang belum bekerja. Dinas akan mengundang beberapa perusahaan lokal yang bergerak pada berbagai bidang. Seperti perusahaan otomotif, eloktronik dan jasa keuangan.

“Kita undang perusahaan untuk merekrut tamatan SMK. Mereka sendiri menyiapkan lowong yang dibutuhkan dalam kegiatan job fair itu,” jelasnya kepada Berita11.com di dinas setempat, Rabu (13/2/2017).

Ia mengatakan saat ini Disnakertrans sedang menyusun jadwal pembinaan pada SMK yang ditentukan. Sekolah diharapkan menyiapkan pelajar dan alumni terampil yang sudah siap kerja. Tiap sekolah juga diminta mengikuti kegiatan Bursa Kerja Khusus (BKK).

“Nah setelah mereka memiliki BKK, kami akan berikan penyuluhan dan bimbingan jabatan. Jadi mereka sudah tahu bakat dan minat dalam memilih pekerjaan,” katanya.

Sesuai Peraturaan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 39 Tahun 2016, sekolah wajib membentuk RKK serta mengantungi izin dari Disnakertrans. Saat ini salah satu SMK yang sudah memiliki izin yaitu SMKN 10 Bima sebagai tuan rumah kegiatan tahun ini. (ID)

Baca Juga :

No comments