Breaking News

Kantor Imigrasi Bima Cetak 400 Paspor Haji

M Irham Anwar, SH MH. Foto Hamid Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Setelah mulai beroperasi 9 Januari lalu, Kantor Imigrasi Kelas III Bima hingga Februari 2017 sudah mencetak sedikitnya 400 lebih paspor haji. Pembuatan paspor haji ditargetkan tuntas Maret mendatang.

“Sampai sekarang paspor yang sudah kita terbitkan  400 lebih dan kita targetkan Maret sudah tuntas semua,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Bima, M. Irham Anwar, SH MH kepada Berita11.com di kantor Imigrasi Bima, Senin (06/02/2017).

Sesuai wilayah kerja, kantor imigrasi setempat melayani tiga wilayah yakni Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Irham mengatakan pembuatan paspor calon 100 jamaah haji wilayah Kota Bima telah rampung  sejak Januari lalu.  

Irham menuturkan saat ini pihaknya tengah sibuk menangani pembuatan paspor untuk calon jamaah haji Kabupaten Bima. Setelah itu dilanjutkan untuk wilayah Kabupaten Dompu.

“Alhamdulillah Kota Bima sudah rampung. Sekarang Kabupaten Bima dan dilanjutkan Dompu,” ujarnya.

Ia mengatakan menyusul membludaknya jamaah haji Kabupaten Bima, Kantor Imigrasi membatasi kunjungan. Maksimal per hari pelayanan pembuatan hanya untuk 70 paspor.

“Nah karena kecenderungan datang sekaligus kita cicil. Kemampuan kami hanya dua bot, satu bot 35. Artinya hanya mampu 70 paspor untuk sehari. Kami kuatir tidak sanggup melayani. Jadi kita cicil dan hal ini sudah kita koordinasikan dengan kantor Kementerian Agama setempat,” jelasnya.

Terkait kendala, Irham mengaku masih kekurangan personil dan tenaga teknis yang melayani pembuatan paspor. Namun ia optimis paspor jamaah haji rampung sesuai target.

“Kendalanya pasti ada yang paling sering masalah penguasaan komputer. Jadi belum ada tenaga ahli. Sehingga kita harus koordinasi dengan orang pusat di Jakarta. Tapi Insya Allah kami penuhi sesuai target,” katanya. (ID)

Baca Juga :

No comments