Breaking News

Ketinggian Banjir di Brang Biji Sumbawa Mencapai Dua Meter

Banjir  Setinggi Dua Meter Merendam Sejumlah Pemukiman di Sumbawa Besar. Foto Syahrul Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Ribuan warga lingkungan Desa Brang Biji panik karena luapan banjir Kamis (9/2/2017) sekira pukul 13.39 Wita setinggi dada manuasia dewasa atau dua meter. Kondisi terparah di lingkungan Morironga Kelurahan Brang Biji, warga setempat terpaksa mengungsi.

Selain Brang Biji, sejumlah wilayah yang terdampak banjir bandang yaitu Kelurahan Brang Bara dan Kelurahan Bugis dan sejumlah desa yang beada tak jauh dari lokasi sungai. Hingga Kamis sore belum diketahui jumlah kerugian atau dampak dari banjir ini karena petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa dan pihak terkait masih mendata jumlah terdampak banjir Kamis ini.

Baca Juga:


Pantauan Berita11.com luapan banjir membuat panik ribuan warga panik dan berupaya memindahkan sejumlah barang elektronik. Namun  sekira pukul 14.30 Wita luapan banjir mulai surut.  

Ketika banjir mulai surut, jubelan  warga berupaya memantau kondisi banjir di sekitar jembatan di Kelurahan Brang Biji. Arus lalu lintas di jembatan tersebut sempat ditutup karena dikuatirkan  jembatan patah dilabrak banjir. Akibatnya arus lalulintas sempat macet total.

Pukul  15.30 Wita luapan banjir mulai surut. Sejumlah warga yang sempat panik kembali ke rumah mereka dan berupaya membersihkan sisa luapan banjir dan lumpur. Sementara itu, aparat Kepolisian terlihat memantau kondisi banjir dan mengatur arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Sumbawa Besar.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Sumbawa menyebutkan jumlah terdampak banjir Selasa (7/2/2017) dan Rabu (8/2/2017) sebanyak 2.070 KK atau 7.755 jiwa. Jumlah itu dirinci  Kelurahan Brang Bara sebanyak 214 kepala keluarga/KK (584 jiwa), Kelurahan Brang Biji 72 KK (288 jiwa), Kelurahan Pekat 35 KK (135 jiwa), Kelurahan Bugis 197 KK (985 jiwa), Desa Labuan Badas 1.552 (5.763 jiwa).

Di  Karang Cemes Kelurahan Brang Bara sebagian rumah warga terendam banjir setinggi satu meter.  Genangan banjir di Kabupaten Sumbawa terjadi karena  luapan sungai Bram Bara. Banjir menyebabkan warga panik dan berupaya menyelamatkan diri.

Sementara di Kelurahan Bugis dan Kelurahan Lepeh banjir setinggi satu meter merendam pemukiman warga, sedangkan di Desa Labuan Sumbawa Kecamatan Labuan Badas ketinggian banjir mencapai 50 cm. (RUL)

  

Baca Juga :

No comments