Breaking News

Pelebaran Jalan Garuda Sumbawa Besar Disosialisasikan

Sosialisasi Pelebaran Jalan Garuda Sumbawa Besaar, Kamis (23/2/2017)


Sumbawa, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa menyosialisasikan rencana pelebaran jalan Garuda. Fase ke-2 proyek jalan itu disosialisasikan kepada 153 warga yang akan terdampak pelebaran, Kamis (23/2/2017) di aula kantor Bupati Sumbawa.

Kepala Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris S.Sos, mengatakan, selain 153 warga, sosialisasi juga diikuti camat, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), staf ahli bupati, Lurah Lempe, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena adanya rencana pembebasan lahan khusus bagi masyarakat yang terkena dampak pelebaran,” ujar Abdul Haris.

Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril B.Sc menyatakan, pertumbuhan dan perkembangan suatu kota terjadi akibat adanya kemajuan sejumlah faktor seperti ekonomi, industri, dan pariwisata. Kemajuan faktor-faktor itu tentu diikuti penyediaan sarana dan prasarana pendukung.

Muara akhirnya perkembangan kota sebanding dengan majunya masyarakat. Perkembangan daerah ditandai keberadaan infrastruktur prasarana transportasi yang handal dan memadai. “Akan mampu mendukung perkembangan dan pertumbuhan suatu wilayah,” katanya.

Menurut Husni, infastruktur transportasi memiliki peranan penting dalam mendukung perkembangan perekonomian daerah yang sedang tumbuh. Selain itu memberikan akses kepada wilayah sekitar yang mempunyai potensi besar untuk berkembang.  

Salah satu jalan utama yang berada di Kota Sumbawa Besar yang menghubungkan berbagai tempat atau lokasi strategis yaitu jalan Garuda. Selain itu menjadi penghubung utama antara pelabuhan Badas dengan Kota Sumbawa Besar. Jalan Garuda juga merupakan poros utama perkotaan serta menjadi persimpangan koneksi dengan jalan strategis Negara yang sedang dikembangkan yaitu Samota.

Dikatakannya, Sumbawa Besar merupakan Ibukota Kabupaten Sumbawa selama ini telah mengalami pertumbuhan penduduk cukup tinggi seiring dengan dinamika ekonomi dan mobilitas sumberdayanya, baik manusia maupun barang dan jasa  yang semakin dinamis.

“Untuk menopang dinamika sumberdaya dan pertumbuhan ekonomi wilayah serta mengantisipasi pertumbuhan jumlah kendaraan dan arus lalu lintas yang terus mengalami peningkatan, maka dibutuhkan ketersediaan prasarana transportasi berupa peningkatan kondisi dan ruas jalan yang memadai,” ujar pria yang juga politisi Partai PDI Perjuangan ini.
  
Secara teknis pelebaran jalan Garuda telah layak dan mendesak untuk dilaksanakan. Karena secara umum mampu menurunkan derajat kejenuhan. Setelah pelebaran jalan itu nanti, maka secara otomatis pengendara dapat mengurangi waktu tempuh. (WN)


Baca Juga :

No comments