Breaking News

Pemkab Bima Bantu Lima Pemilik Rumah yang Terbakar di Bolo

Bupati Bima, Hj Iindah Dhamayanti Putri Memberikan Bantuan Pribadi untuk Korban Kebakaran.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima akan memberikan bantuan tanggap darurat untuk lima pemilik rumah yang terbakar di Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. isyarat itu disampaikan oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) saat meninjau TKP kebakaran di Desa Kananga, Senin (27/2/2017).

Bupati IDP menyatakan rasa duka terhadap korban kebakaran. Insiden kebakaran yang menimpa warga RT 01/01 Desa Kananga merupakan musibah yang tak diinginkan. Untuk itu, para korban diharapkan tabah menerima cobaan itu.

“Terkait dengan musibah ini saya mengintruksikan Kepada BPBD dan Dinas Sosial secepat mungkin mengirimkan dan menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk kebutuhan masyarakat sehari –hari yang tertimpa musibah kebakaran, sehingga dari bantuan tanggap darurat kebutuhan masyarakat terpenuhi,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos.

Bupati juga berharap ada hikmah di balik insiden kabakaran yang menimpa warga Desa Kananga. “Hal ini dikarenakan Allah SWT ingin memberikan cobaan kepada umatnya terkait dengan musibah ini,” katanya.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Bima, HM Taufik Rusdi mengisyaratkan bersama Dinas Sosial secepatnya akan mendistribusikan bantuan tanggap darurat untuk korban. “Kebutuhan yang kami kirimkan nanti akan diterima oleh kepala keluarga yang tertimpa musibah,” isyaratnya.

Kepala Desa Kananga Kecamatan Bolo, Muhammad Nur menyebutkan jumlah rumah yang terbakar di desa setempat  sebanyak lima unit. Dua diantara rumah itu rata dengan tanah. Sementara penyebab insiden kebakaran diduga karena arus pendek. Saat insiden itu, warga berbondong-bondong berupaya memadamkan api karena pada saat kejadian mobil pemadam kebakaran di kantor Camat Bollo sedang rusak.

Saat meninjau korban kebakaran di Desa Kananga, Bupati IDP didamping Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bima, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima, Camat Bolo, dan Kepala Desa Kananga Kecamatan Bolo.

Seperti diketahui sebelumnya, insiden kebakaran di RT 01/01 di Dusun Bara Desa Kananga terjadi Senin (27/2/2017) dini hari menghanguskan rumah milik Fauzan (48), Hj Aisah H Ahmad (80), Fatimah Ahmad, Sukardin Jakariah dan Sahril M Nor.

Insiden kebakaran berawal api yang menjalar dari bagian dapur rumah milik Aisah H Ahmad. Ketika itu korban bersama anak dan cucunya sedang beristrahat. Sedikitnya ada empat rumah di sekitar sumber api yang juga ikut terbakar. Hampir seluruh barang korban tidak dapat diselamatkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Sekira pukul 03.30 Wita api dapat dipadamkan. (AN)

No comments