Breaking News

Pemkab Dompu Kenalkan Petani Mesin Transplanter

Bupati Dompu H Bambang saat Menanam Padi Sistem Jarwo dengan Mesin Transplanter


Dompu, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Dompu dan Kodim 1614 mengenalkan teknologi pertanian mesin transplanter kepada petani di Dompu. Kegiatan itu dirangkai dengan penanaman perdana padi dengan sistem jajar legowo oleh Bupati Dompu, H Bambang M Yasin bersama Muspida dan BPN Kabupaten Dompu di Desa Wawonduru, Minggu (5/2/2017).

Bupati Dompu, H Bambang mengatakan penerapan mesin tanam bibit padi (rice transplanter) akan membuat pekerjaan petani semakin mudah, mempercepat waktu tanam bibit padi, mengatasi kelangkaan tenaga kerja, meningkatkan produktifitas lahan, mempercepat dan mengefisinsikan proses  penanaman. Selain itu, menekan biaya produksi.  

“Kegiatan gerakan tanam padi dengan sistim jajar legowo ini bertujuan meningkatkan produktifitas padi. Cara tanam seperti ini merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta meberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian hama penggangggu tanaman,” kata Bambang seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE.

Kegiatan penanaman perdana sistem jajar legowo merupakan kerjasama TNI dengan petani. Hal itu adalah bukti manunggalnya TNI dengan Petani dalam mendorong keberhasilan swasembada pangan.

“Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI yang memberikan motivasi dan secara fokus membantu petani dalam mewujudkan keberhasilan pangan di daerah ini,” ujar Bambang.

Setelah Bupati Dompu menyampaikan sambutan, Dandim 1614 Dompu, Kajari Dompu, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu dan Kepala BPN Dompu melakukan tanam padi perdana dengan menggunakan mesin rice transplanter. (FL)



No comments