Breaking News

Pemkab Sumbawa Siapkan Rp15 Miliar untuk Krabat

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril. Ist


Sumbawa, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Sumbawa berkomitmen mendorong kesejahteraan masyarakat miskin, khususnya petani, peternak dan pedagang kecil. Untuk itu, tahun 2017 ini Pemkab Sumbawa menyiapkan dana Rp15 miliar yang akan diluncurkan dalam bentuk Kredit Sahabat (Krabat).

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril BSc mengatakan, langkah awal realisasi program Krabat akan diarahkan membantu petani tidak mampu. Setelah itu akan dilanjutkan untuk peternak, pedagang, nelayan, UMKM dan komunitas lain.

Mekanisme peminjaman Krabat akan diberikan saat awal musim tanam dengan jangka waktu tiga hingga empat bulan. Sedangkan pada saat musim panen pinjaman harus dikembalikan.

“Adapun wadah yang akan digunakan yakni BUMDes sebagai lembaga yang mengontrol pinjaman tersebut. Dengan melibatkan BUMDes dalam program Kredit Sahabat ini, selain menyelamatkan petani juga sekaligus memperdayakan BUMDes yang ada di seluruh desa,” katanya kepada Berita11.com di Sumbawa Besar, Kamis (2/2/2017).

Dikatakannya, untuk mengawal BUMDes ini dalam menjalankan program Kredit Sahabat,  Pemkab Sumbawa berharap  semua BUMDes memiliki pendamping agar program berjalan dengan baik. Karena apabila program berhasil, maka Pemkab Sumbawa akan kembali menganggarkan biaya program Kredit Sahabat dalam APBD perubahan atau APBD pada tahun berikut.

Untuk memperoleh pinjaman Krabat, warga cukup melampirkan KTP dan rekomendasi kepala desa masing-masing. (RUL)

No comments