Breaking News

Sekolah ini Terapkan Reward dan Punishment

Budaya Literasi yang Diterapkan SDN 40 Kota Bima. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Sekolah Dasar Negeri (SDN) 40 Kota Bima memiliki pola khusus dalam membentuk karakter positif siswa. Sekolah setempat menerapkan enam budaya khusus. Salahsatunya budaya peradilan yang menerapkan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment).

Kepala SDN 40 Kota Bima, Hj Maryamah H Gani, S.Pd, menyebutkan, sejumlah budaya yang rutin dilaksanakan di sekolah setempat yakni, budaya tertib yang dilaksanakan setiap Senin, budaya bugar setiap Selasa dan Rabu, budaya literasi plus dilaksanakan setiap Kamis, budaya zikir dan Imtaq dilaksanakan setiap Jumat dan budaya peradilan sekolah dilaksanakan setiap Sabtu.

“Budaya peradilan yaitu bentuk peradilan terhadap pelanggaran budaya-budaya sekolah dan reward bagi kegiatan sebelum hari itu,” jelas Maryamah kepada Berita11.com di SDN 40 Kota Bima, Senin, (26/2/2017).

Maryamah menjelaskan, reward diberikan kepada siswa yang mematuhi seluruh budaya yang dilaksanakan selama sepekan, sedangkan punishment yang diterapkan dalam bentuk pembinaan. Harapannya, karakter positif siswa selalu terbentuk melalui budaya positif yang diterapkan sekolah. Setidaknya mereka memiliki sikap tanggungjawab. (US/*)

No comments