Breaking News

Tinjau Sungai dan Tenda Pengungsi Banjir Sumbawa, ini Janji Mensos

Mensos Khofifah Meninjau Kondisi Sungai Brang Bara. Foto Syahrul Berita11.com


Sumbawa, Berita11.com— Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Dra Hj Khofifah Indar Parawansa, Bupati, FKPD Sumbawa meninjau lokasi sungai Desa Brang Bara Kecamatan Sumbawa Kapaten Sumbawa, Rabu (15/2/2017).

Mensos juga meninjau tenda pengungsi korban banjir Sumbawa di gedung Kartika Kodim 1607 Sumbawa. Saat meninjau sungai Brang Bara, Mensos Khofifah menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah warga di sekitar lokasi. Menanyakan kejadian banjir beberapa hari lalu itu.

Setelah itu, Mensos dan rombongan bertatap muka dengan pengungsi, korban banjir bandang Sumbawa di gedung Kartika Kodim 1607 Sumbawa.  Mensos menanyakan kondisi kesehatan korban banjir.

Dihadapan pengungsi, Mensos Khofifah berjanji bahwa pemerintah pusat akan tetap memerhatikan masyarakat Kabupaten Sumbawa, korban bencana banjir. Bahkan pemerintah akan membantu membangun rumah bagi warga yang tak lagi memiliki  tempat tinggal.

“Kami akan siap membantu biaya untuk membangun rumah dan tentu lahan untuk membangun rumah nanti akan disediakan oleh Pemda Sumbawa,” ujarnya.




Dikatakannya, jika lahan dan rumah sudah ada, masyarakat tidak boleh menjual atau menjadikanya sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank. Bantuan tersebut diberikan agar warga tak lagi tinggal di bantaran sungai.

“Kalau masih tinggal di bantaran sungai itu sangat membahayakan diri termasuk keluarga. Jadi apabila lahan dan rumah nanti sudah ada jangan lagi tinggal di pinggir sungai,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc berjanji akan menyediakan lahan bagi para warga yang sebelumnya tinggal di  bantaran sungai. “Pemda Sumbawa akan siap menyediakan lahan untuk pembangunan rumahrumah warga,” janjinya.

Usai menijau lokasi pengusian dan bertatap muka dengan masyarakat pengungsi, Mensos RI bersama Bupati Sumbawa langsung mengujungi sejumlah anak korban banjir yang sedang berkumpul di samping gedung Kartika Kodim 1607 Sumbawa.  Ketika itu mereka sedang dihibur oleh Ketua Perlindungan Anak Indonesia Kak Seto.

Mensos Khofifah,  Bupati Sumbawa  dan Kak Seto  bercanda ria bersama sambil bernyanyi dengan sejumlah anak.  Pada momentum kunjungan tak jauh dari lokasi pengungsi itu, sejumlah anak diberikan berbagai pertanyaan. Setiap anak yang bisa menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah oleh pihak panitia. Hasinya, kecerian dan seyuman dari anak  pun terlihat di tengah kondisi Sumbawa sedang masih berduka pasca bencana banjir bandag beberapa hari lalu. (RUL)

Baca Juga :

No comments