Breaking News

20.000 Warga Dompu Mutasi Keluar-Masuk selama Tahun 2016

Dra Ratnasari. Foto Hamid Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dompu mencatat, selama tahun 2016 mencatat mutasi keluar-masuk warga di bumi Nggahi Rawi Pahu sebanyak 20.000.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Dompu, Dra Ratnasari menyebutkan angka tersebut merupakan mutasi keluar masuk warga Dompu antar kabupaten, kota dalam NTB dan antar provisi. “Total keseluruhan itu angka masuk dan keluar lebih kurang 20.000 warga,” katanya kepada Berita11.com di Disdukcapil Kabupaten Dompu, Kamis (2/3/2017).

Menurut Ratnasari, pada prinsipnya Disdukcapil setempat selektif dalam menerima permohonaan pindah setiap warga baru. Untuk memastikan calon warga sudah melengkapi data, petugas Disdukcapil juga meminta surat pernyataan bahwa calon warga tidak tercatat sebagai penduduk di kabupaten/kota lain. Selain itu, petugas juga akan melakukan pengecekan biometrik meliputi iris mata dan sidik jari.

“Tidak gampang, kita selektif. Kami juga berpedoman dari surat pindah yang dibawa dari daerah asal selain pengecekan fisik. Kalau sudah terekam di daerah lain akan ketauan,” katanya.

Hingga kini tercatat jumlah penduduk Kabupaten Dompu yang belum melakukan perekaman KTP sebanyak enam persen dari total wajib KTP elektronik sebanyak 155.000 orang. Setiap hari Disdukcapil melayani permohonan pembuatan KTP hingga ratusan orang. Demikian juga untuk pembuatan kartu keluarga (KK).

“Paling banyak itu permohonan KK. Karena mungkin ada perubahan seperti pindah alamat atau penambahan anggota keluarga baru. Kalau untuk KTP elektronik, karena ada masalah dengan blangko untuk sementara kita berikan surat keterangan pengganti KT elektronik,” ujar Ratnasari. (US)

No comments