Breaking News

21 Objek Wisata di Zona Timur Kabupaten Bima akan Dioptimalkan

Foto Ist.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Bima akan mengoptimalkan potensi 21objek wisata di zona Timur yang meliputi paket Lambu, Sape, Komodo dan Sangiang (Lamosa). Sejumlah potensi yang ditawarkan yaitu bentang destinasi seperti pantai Lariti, Gili Banta, Pulau Sangiang dan pilihan Komodo.

“Komodo ini kita jual untuk melalui dari arah Timur dan Barat. Rilnya nanti kalau turis itu paket wisata, jadi melalui paket. Masuk melalui bandara, ada paket yang dijual makanya ada TEC tourist,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Drs H Abdul Muis HAL, M.Kes kepada Berita11.com.

Meskipun pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Bima terbagi dalam enam zona atau enam kwartal, namun paket wisata Lamosa akan didorong untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke wilayah Kabupaten Bima. Muara akhir yang diharapkan pemerintah ada nilai positif yang dirasakan masyarakat termasuk pelaku ekonomi kreatif. Pada sisi lain Pemerintah Kabupaten Bima juga mengembangkan berbagai paket wisata seperti desa wisata, desa tradisional untuk menggaet wisatawan.

H Abdul Muis menjelaskan, saat ini pemerintah juga sedang menggenjot perampungan Ripda sebagai payung hukum pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Bima. Regulasi itu sebagai instrumen yang mengatur seluruh aspek terutama pembagian zona pariwisata dan arah pengembangannya. Target Dinas Pariwisata produk regulasi yang ditetapkan minimal dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup).

“Pada prinsipnya pemerintah itu tidak menyiapkan infstruktur, tapi menyiapkan potensi pariwisata dan perangkat regulasi. Tinggal investor yang ingin mengelola kita berikan kesempatan,” katanya.

Mantan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bima ini optimis sektor pariwisata dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Kabupaten Bima. hanya saja sebagai tahap awal (start up) membutuhkan peran banyak pihak dan sinergi stake holder seperti aparat keamanan sebagai jaminan untuk investor dan wisatawan.

Salah satu bentuk Dispar mendorong ekonomi kreatif yaitu mendorong peran home industri sebagai penghasil kerajinan dan pelaku usaha kuliner. Selain melalui bandara Sultan M Salahuddin Bima, paket wisata yang ditawarkan kepada pelancong yang masuk melalui pintu pelabuhan Bima yaitu paket city tour menggunakan benhur untuk mengelilingi objek strategis seperti museum Asi Mbojo dan objek wisata menarik lainnya. (US/*)

No comments