Breaking News

30 Pelaku UMKM Dibimbing selama Tiga Hari

Suasana Pembukaan Diklat UMKM di hotel La Ila Kota Bima, Senin (20/3/2017). 


Bima, Berita11.com— Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bima mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) tentang pengelolaan produk unggulan daerah yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima selama tiga hari, Senin hingga Rabu (23/3/2017) di hotel La Ila Kota Bima.

Pemerintah Kabupaten Bima menargetkan melalui Diklat, UMKM menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat. Pasca pelatihan, produk UMKM juga diharapkan memiliki kemampuan menerobos pangsa pasar.

Asisten 2 Sekretariat Daerah (Setda) Kaupaten Bima, Ir H Nurdin menyatakan, Pemkab Bima telah menetapkan program dan kegiatan bimbingan teknis pemberdayaan masyarakat melalui kewirausahaan untuk mencapai target dan sasaran mendorong perekonomian masyarakat.

“Penguatan produk unggulan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pelatihan– pelatihan bagi UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Bima sehingga para pengelola UMKM dapat mendapatkan ilmu pengetahuan terkait dengan tata cara melakukan pengolahan,” kata Nurdin saat membuka Diklat PUD bagi UMKM.

Nurdin juga berharap Bimtek mendukung promosi produk unggulan UKM. Harapan lainnya 
menghasilkan motivasi dan dorongan bagi pelaku usaha, koperasi maupun UMKM di Kabupaten Bima.

Pada bagian yang sama, Kepala Bidang  Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Ir Asrul Yaqin salah satu tujuan Bimtek untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang cara kemasan dan teknik pemasaran bagi pelaku UMKM.

“Sehingga dengan adanya Diklat ini produk yang akan diolah bisa meningkatkan pangsa jual,” katanya. (AN)

No comments