Breaking News

356 Siswa SMA Negeri 1 Woha Ikuti Simulasi Akhir UNBK

Siswa SMAN 1 Woha saat Mengikuti Simulasi UNBK. Foto Hamid Berita11.com






Bima, Berita11.com— Sebanyak 356 siswa SMA Negeri 1 Woha Kabupaten Bima mengikuti simulasi akhir Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan secara nasional selama dua hari pada 13 dan 14 Maret 2017.

“Simulasi atau geladi bersih ini merupakan pemantapan akhir sebelum UNBK. Jadi kegiatan ini akan dijalani siswa calon peserta selama dua hari,” kata Kepala SMAN 1 Woha, Najamuddin, S. Pd, kepada Berita11.com saat memantau kegiatan di ruang simulasi UNBK sekolah setempat, Senin (13/3/2017).

356 siswa calon peserta UNBK dibagi tiga sesi. Rinciannya, sesi pertama dan kedua sebanyak 120 siswa dan sesi ketiga sebanyak 116 siswa. Sebelumnya panitia telah membagikan kartu peserta pada seluruh siswa yang berisi nama pengguna (user) dan kata kunci (password) untuk simulasi.

“Satu ruangan kita pakai, sesuai rencana dibagi tiga shift. Secara teknis tidak ada kendala. Karena hal yang baru, jadi sekarang kita lihat kemampuan siswa,” katanya.

Najamuddin mengungkapkan pada simulasi tahap pertama dan uji coba (try out) tidak dilaksanakan sekolah, lantaran belum tersedianya fasilitas pendukung. Untuk itu, pada tahap akhir ini seluruh siswa diwajibkan mengikuti kegiatan. Selain itu, kegiatan dimaksudkan untuk menguji dan memastikan berfungsinya perangkat UNBK.

Sementara itu salah satu peserta, Sandi, mengatakan sangat mendukung pelaksanaan UNBK. Menurutnya, dari sisi objektivitas, UNBK jauh lebih baik dibandingkan UN dengan menggunakan  kertas dan pensil.

“Ini baru pertama kali. Kalau saya nilai kecurangannya lebih kecil. Selain itu lebih hemat biaya,” katanya. (ID/*)

No comments