Breaking News

70 Sekolah di Bima akan Laksanakan UNBK

Drs Hafid, MM. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Sebanyak 70 dari 138 sekolah Bima akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2017. Sisanya akan melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Kepala UPT Layanan Pendidikan Menengah (Dikmen) dan Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Bima, Drs. Hafid, MM menjelaskan jumlah tersebut terdiri dari 16 SMK dan 54 SMA/MA negeri maupun swasta.
Jika dikalkulasi ada 70 sekolah yang ikut UNBK. Sisanya 68 sekolah akan ujian secara manual menggunakan pensil dan kertas,” katanya kepada Berita11.com di kantor UPT Layanan Dikmen dan PK-PLK di Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, Rabu (1/3/2014).

Hafid menyebut sekolah di Kabupaten Bima yang akan melaksanakan UNBK  sebanyak 10 SMK negeri dan  dua SMK swasta, 34 SMAN/MAN dan enam SMA dan MA swasta. Sementara di Kota Bima hanya empat SMK yaitu SMKN 1,2,3 dan 4.  Sementara itu, di Kota Bima ada sembilan sekolah swasta dan lima sekolah negeri.

Hafid mengatakan sebenarnya ada lebih dari 70 sekolah yang telah melapor dan menyatakan sanggup menyelenggarakan UNBK. Namun  belakangan tiba-tiba mundur. Alasan utamanya  kekurangan fasilitas komputer dan tidak tersedianya sambungan internet di sekolah.

“Kota laporannya jelas tidak berubah. Kalau kabupaten kan kita tahu teknisnya seperti apa. Jadi kemarin ada beberapa yang mengundurkan diri. Kendalanya sudah pasti fasilitas dan jaringan,” tuturnya.

Berdasarkan data UPT Layanan Dikmen dan PK-PLK Bima,  jumlah calon peserta UN SMK dan SMA/MA di Kota dan Kabupaten Bima  sebanyak 11.572 siswa. Rinciannya 5913 peserta laki-laki  dan 5659 peserta perempuan.

Mantan Plt SMKN PP Kota Bima ini juga meminta sekolah pelaksana UNBK tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun. Sekolah hanya diwajibkan menerima sumbangan yang sudah disepakati bersama. “Pungutan tidak boleh. Kalau sumbangan itu boleh asal telah disepakati,” ujarnya. (ID)



Baca Juga :

No comments