Breaking News

Benarkah ada Tanah Adat dalam Kawasan Tambang? Ini Penjelasan Pemerintah

Petugas KPHL Toffo Pajo Menunjukkan Peta Pengelolaan Huta PT STM/ Vale Eksplorasi Indonesia.


Dompu, Berita11.com— Benarkah ada tanah adat dalam kawasan ijin pengelolaan hutan dan kontrak karya yang dikantungi perusahaan tambang, PT STM/ Vale Eksplorasi Indonesia di Kecamatan Hu’u? Menurut Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, Soekarno, ST.,MT penetapan hutan adat atau tanah adat hanya bisa dilakukan kepala daerah.

Menurutnya, jika kini muncul pihak yang menyatakan ada tanah adat atau hutan adat dalam kawasan kontrak karya dan ijin pengelolaan hutan PT STM, itu merupakan klaim. Sebab sepengetahuannya pemerintah daerah tidak pernah menetapkan hutan adat di lokasi itu.
“Itu hanya klaim saja. Kita minta masyarakat melihat aspek yuridisnya,” tandas Soekarno.

Sementara itu, dasar hukum pengakuan tahah adat/ ulayat diatur dalam Undang-Undang Pokok Agraria, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960, Peraturan Menteri (Permen) Agraria Nomor 5  Tahun 1999. Seperti yang diatur dalam regulasi tersebut, salahsatu syarat pengakuan tanah adat, terdapat tatanan hukum adat. Sesuai diatur dalam pasal 2 Permenag Nomor 5 Tahun 1999, penelitian dan penentuan masih adanya hak ulayat dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan mengikut sertakan para pakar hukum adat, masyarakat hukum adat yang ada di daerah yang bersangkutan, Lembaga Swadaya masyarakat dan instansi-instansi yang mengelola sumber daya alam.

Keberadaan tanah ulayat masyarakat hukum adat yang masih ada dinyatakan dalam peta dasar pendaftaran tanah dengan membubuhkan suatu tanda kartografi, dan apabila memungkinkan, menggambarkan batas-batasnya serta mencatatnya dalam daftar tanah.

Sementara pada skema penyusunan dan penetapan Perda Tanah Adat/Ulayat, salahsatunya melalui tahapan naskah akademik Perda. Selanjutnya pada tahap identifikasi wilayah pemerntah membentuk tim verifikasi bersama Pemerintah Derah, Kemendagri, Badan Pertanahan Nasional (BPN) anggota adat, Badan Informasi Geospasial (BIG). (US)



No comments