Breaking News

Desak Tranpsaransi Bumdes Rato, Warga Blokade Jalan Negara

Aksi Massa Menutup Ruas Jalan Negara di Depan Kantor Desa Rato, Kamis (30/3/2017) Pagi. Foto US


Bima, Berita11.com— Sejumlah orang yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Desa Rato menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mendesak transparansi pengelolaan dana Bumdes di desa setempat, Kamis (30/3/2017) sekira pukul 09.00 Wita. Massa juga memblokade jalan rasa di depan kantor desa.

Aksi blokade jalan sempat menimbulkan kemacetan arus lalulintas di kantor desa setempat. Namun aksi penutupan jalan tak berlangsung lama setelah aparat Kepolisian Sektor Bolo dibantu aparat TNI membuka blokade jalan.

Koordinator massa, Agus Setiawan mengatakan, aksi dilakukan untuk mendesak kepala desa agar transparan dalam mengelola Bumdes. Selama ini pengelolaan dana itu terkesan sesuai selera pengurus Bumdes sekarang.

“Salah satunya tentang mengapa Ketua Bumdes, Syahrul yang dipilih secara aklamasi dan demokrasi oleh masyarakat tiba-tiba mengundurkan diri,” ujar Agus.

Menurut dia, pengelolaan dana Bumdes mestinya disesuaikan dengan aspirasi masyarakat termasuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada sektor pertanian. Hal itu setidaknya sesuai dengan yang diatur dalam Undang-Undang terkait dan regulasi turunannya. Apalagi saat ini masyarakat menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Namun kenyataan sekarang berbeda seperti yang diatur dalam berbagai pasal itu,” katanya.

Aksi massa mengundang perhatian puluhan warga Desa Rato. Sejumlah ibu-ibu memberikan dukungan kepada perwakilan massa. Aksi juga sempat menimbulkan kemacetan hingga beberapa menit.

Setelah sekitar 15 menit menggelar aksi, massa kemudian diajak beraudiensi oleh perwakilan Pemerintah Desa Rato. (US)



Aksi massa di depan Kantor Desa Rato Kecamatan Bolo.










No comments