Breaking News

Disducapil Targetkan Penerbitan Akte Kelahiran sampai 82,5 Persen

Spanduk Sosialisasi Disdukcapil Kabupaten Dompu. Foto Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dompu menargetkan tahun 2017 menerbitkan akta kelahiran hingga 82,5 dari target nasional yang ditetapkan pemerintah pusat untuk Kabupaten Dompu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Dompu, Dra Ratnasari menyebutkan, untuk mencapai target yang telah ditetapkan dinas setempat melakukan berbagai upaya di antaranya melaksanakan pelayanan keliling langsung ke desa. Selain itu berkolaborasi dengan instansi terkait dalam melaksanakan pelayanan terpadu saat isbat nikah massal. Setelah buku nikah diterbitkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA), Disducapil juga menerbitkan dokumen akte kelahiran.

Upaya lainnya, Disducapil membuat surat imbauan kepada sekolah agar mengumpulkan akte kelahiran siswa versi lama, kemudian mengkoversi dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). “Kami berupaya menjemput bola mengumpulkan akta anak yang lahir sebelum 2011. Dari 35 persen kita bisa capai 60 persen tahun kemarin,” ujar Ratnasari.

Ia optimis target penerbitan akte kelahiran bagi anak 0-18 tahun di Kabupaten Dompu tercapai. Upaya Disdukcapil meraih tambahan 22 persen dari realisasi tahun 2016 lalu sebesar 60 persen. “Tambahan 22 persen itu sekitar 20 ribu anak,” ujarnya. (US)



No comments