Breaking News

Diskominfo Statistik Gelar Sosialisasi E-Government, ini Targetnya

Suasana Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Elektronik, Kamis (23/3/2017). Foto US




Bima, Berita11.com— Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kabupaten Bima menggelar sosialisasi bertajuk Pemanfaatan Sistem Informasi Elektronik Menyongsong Era E-Goverment Lingkup SKPD Kabupaten Bima Menuju Bima RAMAH. Kegiatan yang digelar di aula PKK Kabupaten Bima, Kamis (23/3/2017) diikuti puluhan pejabat dari seluruh SKPD.

Kepala DKIS Kabupaten Bima, Abdul Wahab, SH mengatakan, sejumlah daerah lain sudah lebih awal menerapkan sistem E-goverment. Mulai dari hal terkecil seperti pengiriman surat  tak lagi melalui cara konvensional dengan cara mengantar langsung fisik surat. Namun sudah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dengan menggunakan email.

Wahab  berharap seluruh SKPD mulai menerapkan sistem yang sama. Untuk itu setiap pejabat dan staf SKPD diharapkan mulai belajar agar ramah dalam memanfaatkan kemajuan IT.  Untuk itu setiap pejabat dan staf SKPD harus mulai belajar menggunakan IT. Secara umum, arah kebijakan kepala daerah (bupati) yaitu menyukseskan implementasi E-government dengan tujuan akhir meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada setiap SKPD.

Menurut Wahab, setiap tahun perkembangan teknologi semakin pesat. Bahkan dalam kurun satu dekade, sistem informasi berbasis internet akan menjadi pilihan utama untuk penyebarluasan informasi kepada publik, sehingga perkembangan teknologi menjadi acuan utama masyarakat dalam memperoleh informasi yang komplit.

Wahab mengisyaratkan ke depan, Diskominfo dan Statistik Kabupaten Bima akan mendorong setiap SKPD memiliki website, sehingga setiap program dan kegiatan instansi pemerintah akan disebarluaskan melalui website. Untuk mendukung  target itu, DKIS Kabupaten Bima akan melaksanakan program pelatihan jurnalistik bagi petugas PPID SKPD.

“Kalau yang diliput wartawan biasanya berita fokus pada masalah besar, sedangkan program atau keberhasilan SKPD kurang mendapatkan perhatian, sehinga kita berharap setiap SKPD bisa memanfaatkan website masing-masing,” kata mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima ini.

Sementara Kepala Seksi Bidang PTIK DKIS Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST, MT mengatakan, dalam rangka mewujudkan salah satu program unggulan khususnya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government), Biro Pemerintahan Setda kabupaten Bima  merencanakan kegiatan yang dapat menunjang kedua prinsip tersebut melalui pengembangan teknologi informasi dan komunikasi mendukung berbagai kegiatan pemerintahan yaitu dengan mengembangkan E-government.

Tujuan sistem tersebut yaitu meningkatkan efesiensi dan efektifitas kegiatan pelayanan publik dan pemerintahan agar tercipta pelayanan yang cepat,efektif dan efesien sesuai kebutuhan mendasar.

Disebutkannya, sejumlah rencana Pemkab Bima dalam mendorong kualitas pengembangan E-goverment tahun 2017 yaitu  melaksanakan kajian dan pembangan E-goverment meliputi seminar pengembangan E-goverment, penyusunan  rencana strategis pengembangan E–government Kabupaten Bima  sesuai amanat Inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pengkajian dan Pengembangan E-government pemerintah daerah serta bimbingan teknis pemanfaatan situs Pemkab Bima.

Irfan mengatakan, sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah mewujudkan E-government diawali pengembangan sejumlah sistem berbasis online seperti Simpeg, Simda, Sirup dan berbagai layanan dalam jaringan lainnya.

Selain untuk mendorong implementasi tata kelola pemerintah yang baik (good governance) dan pemerintah yang bersih (clean government), penerapan E-government adalah ikhtiar Pemkab Bima dalam mewujudkan prinsip pemerintah yang terbuka dan bertanggungjawab (akuntabel). (US/*)

No comments