Breaking News

Dorong Kualitas Pemilih, KPU Dompu akan Sasar Kampus STKIP Yapis

Ilustrasi Rock the Vote. Ist


Dompu, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu terus berupaya mendorong kualitas pemilih. Untuk mewujudkan target itu, KPU akan menyasar kampus STKI Yapis Dompu, Kamis (30/3/2017).

Upaya mendorong kelompok pemilih cerdas (rock the vote) akan dikemas dalam bentuk seminar pendidikan bertema Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujdkan Pemilu Berkualitas. Kegiatan akan dihadiri sejumlah komisioner KPU Kabupaten Dompu. Sementara narsumber berasal dari akademisi dan komisioner KPU Kabupaten Dompu.

Sejumlah narasumber itu di antaranya Sri Rah Rahmawati yang akan memaparkan Desiminasi Program Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Dompu 2017, Agus setiawan yang akan memaparkan Pemilih Cerdas untuk Pemilu Berkualitas dan Ilyas Yasin akan menggugah sinergitas antara perguruan tinggi dan penyelenggara Pemilu.

Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Dompu, Suherman, S.Pd, mengatakan, ada beberapa tujuan yang hendak dicapai pada kegiatan itu. Diantaranya KPU akan menyampaikan program pendidikan pemilih tahun 2017, membangun sinergitas antar penyelenggara Pemilu dengan perguruan tinggi serta menggugah peran kampus dalam mewujudkan Pemilu berkualitas.

KPU Kabupaten Dompu menyadari dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya tidak dapat dilaksanakan sendiri, sehingga butuh dukungan dan partisipasi semua pihak. Salah satunya adalah perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi merupkan entitas akademik yang steategis dan potensial dalam memberikan kontribusi ide dan gagasan dalam mewujudkan pemilu berkualitas,” ujar Suherman.

Menurutnya, sebagaimana diketahui perguruan tinggi merupakan gudang para intelektual. Ada dosen dan mahasiswa yang memiliki idealisme, objektifitas dan rasionalitas yang menjadi modal penting meningkatkan kualitas demokrasi dan Pemilu. (RUL)

No comments