Breaking News

DPPKB Kota Bima Integrasikan Program Kampung KB Sesuai Nawa Cita

Drs Suriadi, M.Si. Foto Hamid Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima berencana mengintegrasikan program Kampung KB melalui koordinasi kebijakan yang ada pada instansi terkait sesuai nawa cita Presiden Joko Widodo.

“Kita akan coba integrasikan program Kampung KB dengan instansi pemerintah terkait. Seperti Dinas Kesehatan dan lainya. Sekarang kita lagi susun program untuk itu,” kata Kepala DPPKB Kota Bima, Drs Suriadi, M.Si  kepada Berita11.com di dinas, Rabu (22/3/2017).

Suriadi menyebut lima kelurahan telah ditetapkan sebagai Kampung KB yaitu Kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae Barat, Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota, Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda, Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba dan Kelurahan Lampe Kecamatan Rasanae Timur.

Lima kelurahan tersebut dipilih karena menyandang masalah sebagai daerah kumuh, daerah miskin, memiliki tingkat kelahiran tinggi yang dinilai penting untuk ditangani oleh pemerintah.

Sasaran utama program Kampung KB adalah mengupayakan perbaikan kualitas dan kuantitas SDM serta kesejahteraan secara bertahap dan berkelanjutan. DPPKB dalam waktu dekat berencana akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang pemahaman kontrasepsi pada tiap-tiap kelurahan.

“Supaya generasi muda dan seterusnya bisa memahami dan bisa memilih dan menggunakan alat kontrasepsi yang sesuai,” ujarnya.

Pada bagian lain pihaknya akan memberdayakan kelompok masyarakat yang tergolong miskin melalui pembinaan dan perbaikan gizi balita. Menurut Suriadi, pencanangan program Kampung KB tidak hanya dikonsentrasikan untuk perbaikan dari sisi populasi penduduk namun lebih pada penuntasan masalah yang ada pada kampung tersebut.

“Jadi setelah terintegrasi. Semua problem dalam kampung ada solusi yang kita dapat. Namanya saja kampung KB tapi di dalamnya mencakup semua,” katanya (ID)

No comments