Breaking News

Dua Desa ini Mewakili Kabupaten Bima pada Lomba KIP

Muslimin, S.Sos. Foto Berita11.com



Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menyiapkan dua desa yang akan menjadi duta lomba Keterbukaan Informasi Publik (KIP) atau festival desa benderang informasi tingkat Provinsi NTB yang dilaksanakan Komisi Informasi (KIP).

Kepala Bidang Informasi Publik dan Desimasi Informasi, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kabupaten Bima, Muslimin, S.Sos, menyebutkan, dua desa yang ditunjuk sebagai duta Kabupaten Bima yaitu Desa Leu Kecamatan Bolo dan Desa Panda Kecamatan Palibelo.

“Dua desa tersebut ditunjuk karena bagus dalam pengelolaan anggaran dan transparansinya bagus,” ujar Muslimin di DKIS Kabupaten Bima, jalan Gajah Mada, Rabu (1/3/2017).

Menurut Muslimin, salahsatu keunggulan dua desa tersebut tingkat partisipasi masyarakat pada pembangunan lebih baik karena pemerintah desa menerapkan sistem keterbukaan informasi kepada masyarakat. Selain itu, memiliki perencanaan program dan pembangunan yang lebih baik. Bahkan setiap pelaksanaan pembangunan dibahas bersama dalam rapat dengan masyarakat atau perwakilan setiap RT/RW. Dua desa itu juga sudah memiliki website yang memuat program, visi, misi, rencana pembangunan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang sehingga dapat diketahui masyarakat luas terutama warga dari dua desa itu.

“Seperti Desa Leu, hal-hal kecil selalu dibahas bersama, dibahas dalam rapat. Hampir setiap hari bahkan rencana kegiatan di tingkat RW pun dibahas bersama, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemeritah di sana lebih baik. Saya benar karena saya pernah jadi Camat Bolo,” katanya.

Mantan Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Bima ini optimis Desa Leu dan Desa Panda yang akan diutus akan mampu menjadi yang terbaik pada lomba yang digelar Komisi Informasi NTB.

“Kami juga mengharapkan Komisi Informasi memberikan pendampingan bagi dua desa yang kami utus. Sehingga bisa mengikuti festival desa benderang informasi di Jakarta,” harapnya. (US/*)

Baca Juga :

No comments