Breaking News

Gelar UNBK, MAN 2 Bima Siapkan 76 Komputer

Kepala MAN 2 Bima, Mansyur, S. Ag. Foto Hamid Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Madrasah Aliya Negeri (MAN) 2 Bima menyiapkan 76 unit komputer yang digunakan sebagai fasilitas pendukung penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017.

“Kita sudah siapkan 76 unit komputer. Ada 45 unit personal komputer (PC) dan ditambah 31 laptop yang dipinjam dari wali murid untuk UNBK tahun ini,” kata Kepala MAN 2 Bima, Mansyur, S. Ag kepada Berita11.com di MAN 2 Bima, Senin (13/3/2017).

Ia menjelaskan secara teknis pengadaan komputer sudah dilakukan pada tahun 2016 lalu sebanyak 35 unit. Kemudian di tahun 2017 ditambah 10 unit. Sementara 31 unit laptop pinjaman merupakan hasil kesepakatan rapat bersama orang tua siswa.

Persiapan teknis lainya, seperti instalasi jaringan internet untuk tiga ruangan UNBK. Selain itu, pengadaan empat unit server sesuai kebutuhan. Tiga server utama dan satu server cadangan. Fasilitas tersebut telah dioperasikan dalam pelaksanaan simulasi nasional tahap awal, try out secara mandiri dan simulasi akhir.

“Berbagai simulasi yang kita laksanakan alhamdulillah anak-anak sudah siap. Hari ini dan besok kita laksanakan simulasi akhir dari panitia nasional,” ujarnya

Mansyur menyebutkan siswa calon peserta UNBK di madrasah sebanyak 236 siswa. Rencananya akan dibagi tiga ruangan dengan empat kali pertukaran. Sebagai langkah antisipasi bila terjadi kerusakan laptop, siswa akan diarahkan menggunakan laptop guru yang sebelumnya disiapkan sebagai cadangan.

Selain itu, ia mengatakan untuk memastikan tidak adanya gangguan listrik dan jaringan dalam pelaksanaan UNBK pada 10  hingga 13 April 2017 mendatang, panitia nasional sudah bersurat pada pihak teknik seperti PT PLN dan PT Telkom di daerah.

Secara psikologis, menurut Mansyur pelaksanaan UNBK lebih nyaman bagi siswa ketimbang metode manual menggunakan pensil dan kertas. Karena waktu yang dibutuhkan siswa untuk mengerjakan soal akan lebih singkat.

“Bayangkan dengan menggunakan pensil, butuh waktu satu sampai tiga menit. Kalau UNBK langsung klik saja, jadi waktunya lebih efisien,” katanya. (ID)

No comments