Breaking News

Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Bentuk Rumah Pintar Pemilu

Komisioner KPU Kota Bima. Agussalim, S. Ag. Foto Hamid Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Wali Kota Bima Tahun 2018, KPU Kota Bima membentuk Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang berfungsi sebagai wadah edukasi dan informasi bagi pemilih.

Komisioner KPU Kota Bima Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, Agussalim, S. Ag menjelaskan RPP terbagi dalam lima kategori. Kategori pertama perempuan, kedua pemilih pemula, ketiga marginal atau masyarakat terpinggir, keempat keagamaan dan kelima disabilitas.

“Jadi kita ditunjuk oleh KPU RI untuk membentuk RPP itu. Di Provinsi NTB ada tiga tahun ini, yaitu KPU Kota Bima, Lombok Barat dan Kota Mataram,” katanya kepada Berita11.com di Sekretariat KPU Kota Bima, Senin (13/3/2017).

Ia mengatakan saat ini KPU tengah merampungkan pembentukan RPP dengan melakukan berbagai penataan. KPU menyiapkan empat ruangan untuk pendukung kegiatan yaitu ruang audio visual untuk memutar film dan kejadian agar pemilih mengetahui sejarah pemilu. Selain itu, ruang diskusi dan publikasi, ruang simulasi TPS dan ruang pameran.

“Nanti semua akan dipajang pada masing-masing ruang. Agar pemilih tahu seluk-beluk demokrasi,” ujarnya.

Agus mengatakan KPU juga akan membentuk komunitas dan penggiat demokrasi yang dapat mendidik pemilih. Sasarannya adalah mencapai angka partisipasi pemilih. Berdasarkan data KPU, persentase partisipasi pada pemilihan Wali Kota periode sebelumnya mencapai 81 persen. KPU berharap pada Pilkada Kota Bima tahun 2018-2022 meningkat hingga 90 persen.

“Kami berharap partisipasi pemilih lebih meningkat. Kalau bisa 90 persen. Namun 81 persen kemarin termasuk tinggi,” katanya. (ID)

No comments